Unesa Kukuhkan 1.501 Wisudawan, Satu Wisudawan Raih Beasiswa di Taiwan

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengukuhkan 1.501 wisudawan dari berbagai program studi. Dari jumlah tersebut, satu di antara wisudawan, berhasil meraih beasiswa Ministry of Education (MoE) S-2 di dua kampus ternama di Taiwan, yaitu National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) dan National Dong Hwa University (NDHU).

Rektor Unesa, Prof Dr Nurhasan MKes, mengatakan, gelaran wisuda ke-106 yang mengusung tema “Wisudawan Unesa Tangguh, Kreatif, Inovatif, Adaptif, dan Terus Melaju untuk Indonesia Maju” itu para lulusan Unesa merupakan orang-orang ‘pilihan’ yang melewati berbagai proses belajar dan perjuangan.

“Perjuangan selama kuliah menjadikan lulusan kuat mental dan karakternya. Proses belajar dalam skema MBKM membuat mereka berkompeten. Pengalaman di Unesa membuat mereka matang dan siap unjuk kebolehan, karya dan keunggulan di tempat mereka berkarir,” ujar Cak Hasan usai prosesi wisuda di Graha Unesa, Lidah Wetan Surabaya, Kamis (10/8/2023).

Baca Juga:  Baru Dibuka Tiga Hari, Sudah 326 Pendaftar di Fakultas Kedokteran Unesa

Kunci keberhasilan zaman ini, lanjut Cak Hasan, ada pada adaptabilitas, kreativitas, inovasi, dan komunikasi menjalin kolaborasi.

Cak Hasan berpesan kepada para lulusan agar tetap rendah hati dan melakukan perubahan di mana pun berada dengan disiplin ilmu yang sudah dipelajari. Menurutnya, ‘gelar’ terbaik adalah yang punya manfaat dan dampak positif bagi masyarakat dan negara.

“Lakukan sesuatu. Buat gebrakan. Jawab tantangan dan persoalan di masyarakat. Buatlah sesuatu yang bermanfaat. Itu baru lulusan Unesa. Tetap jaga karakter, jaga setiap perilaku dan perbuatan. Banggakan orang tua dan almamater. Selamat kepada semuanya. Sukses selalu,” terang Cak Hasan.

Baca Juga:  Mendikbud Nadiem: Kampus Mengajar Tingkatkan Kualitas Pembelajaran SD dan SMP

Dari 1.501 wisudawan, terdapat dua wisudawan disabilitas yang turut merayakan keberhasilannya meraih gelar sarjana. Mereka adalah Sofiyatil Ilmi dari S-1 Pendidikan Ekonomi, dan Agatha Gabriele Harijo dari S-1 Pendidikan Tata Boga. Selama prosesi wisuda, keduanya didampingi para pendamping.

Pada periode ini, Unesa memberikan penghargaan kepada 10 lulusan terbaik dari berbagai fakultas.

Mereka adalah Achmad Reza Firmansyah, mahasiswa S-2 Pendidikan Keolahragaan (IPK 4.00), Novandri Ayubi, S-3 Ilmu Keolahragaan (IPK 4.00), Lutfhi Rezang Roy Vansyah, S-1 Ekonomi (IPK 3.93), Keysha Azhalia Wahono, S-1 Keolahragaan (IPK 3.91), dan Aira Rahmatilah, S-1 Sistem Informasi (IPK 3.91).

Baca Juga:  Kukuhkan Enam Guru Besar, Unesa Target Hasilkan 18 Guru Besar Tiap Tahun

Selanjutnya, Eni Fibrianti, S-1 Ilmu Administrasi Negara (IPK 3.89), Shela Sonia, S-1 Pendidikan Biologi (IPK 3.92), Ayuningtyas Prameswary, S-1 Pendidikan Seni Rupa (IPK 3.90), Shela Dwi Widhya Sari, prodi S-1 Manajemen Pendidikan (IPK 3.91), dan Chika Rizki Amalia, prodi D-3 Transportasi (IPK 3.56).

Di antara lulusan tersebut, ada yang sudah diterima S-2 di Taiwan. Dia adalah Aira Rahmatilah lulusan S-1 Sistem Informasi. Aira termasuk mahasiswa berprestasi yang mendapat beasiswa Bidikmisi dan beasiswa lainnya selama kuliah di Unesa.

Selain itu, perempuan dari keluarga sederhana asal Gresik itu juga mendapat beasiswa Ministry of Education (MoE) S-2 di dua kampus ternama Taiwan, yaitu National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) dan National Dong Hwa University (NDHU).

Setelah berbicara dengan orang tua dan dosennya, Aira memilih kuliah di Department of Information Management, National Dong Hwa University (NDHU) dan akan berangkat pada September 2023 mendatang.

“Saya bercita-cita menjadi akademisi, guru atau dosen. Kalau ada kesempatan nanti setelah S-2 mau lanjut S-3 di sana. Saya berterima kasih kepada pimpinan dan dosen, orang tua, teman-teman semuanya atas dukungannya selama ini,” ujar perempuan yang menuntaskan sarjana dalam 3,5 tahun itu. (aci) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *