Pengurus PGRI Kabupaten Sidoarjo Ziarah ke Makam Tokoh Guru Indonesia di Banjarnegara

BANJARNEGARA, SURYAKABAR.com – Ratusan guru yang meliputi Pengurus Kabupaten dan Pengurus Cabang PGRI Kabupaten Sidoarjo melakukan ziarah ke makam Dr Sulistyo di perbukitan Desa Kalitengah, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (6/8/2023).

Mereka khidmat dengan menundukkan kepala serentak dan berdoa. Makam yang ada di dalam bangunan pendopo penuh ukiran itu merupakan makam Dr. Sulistyo, M.Pd. Ia sosok yang memperjuangkan jasa guru di Indonesia.

Sebelumnya, pengurus kabupaten dan pengurus cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sidoarjo menggelar rapat Konferensi Kerja Kabupaten (Konkerkab) III masa bakti XXII Tahun 2023 di Hotel Surya Yudha, Banjarnegara.

Baca Juga:  PGRI Sidoarjo Serahkan Bantuan untuk Guru dan Murid Korban Erupsi Gunung Semeru
Baca Juga:  DJP Jawa Timur II Jalin Kerja Sama dan Resmikan Tax Center STKIP PGRI Sumenep

Rombongan dipimpin Ketua PGRI Sidoarjo Edy Wuryanto dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Tirto Adi.

Dalam sambutannya, Tirto Adi mengungkapkan, jika gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama.

“Untuk itu, nama Dr. Sulistyo begitu dikenal di seluruh Indonesia berkat perjuangannya terkait Undang-Undang Guru dan Dosen, serta sertifikasi guru, sehingga kesejahteraan guru bisa terangkat,” tuturnya.

Baca Juga:  DJP Jawa Timur II Jalin Kerja Sama dan Resmikan Tax Center STKIP PGRI Sumenep

Berkisah tentang sosok Sulistyo bukan sekadar menyoal tokoh pendidikan yang memperjuangkan nasib guru se Indonesia.

Sulistyo disebut sebagai pahlawan yang berhasil mencetuskan sertifikasi bagi guru. Namun, Sulistyo mengalami insiden tragis. Dia menjadi salah satu korban meninggal dunia dalam kebakaran Ruang Udara Bertekanan Tinggi di Rumah Sakit AL Mintoharjo, Jakarta Pusat, pada 2016. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *