Kolaborasi ZumenArt Surabaya dan House of Hope Hadirkan Pameran Lukisan Karya Seniman Cilik

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Puluhan karya seni hasil kreasi anak dari ZumenArt Surabaya dipamerkan di Surabaya. Selain sebagai wadah berkreasi dan bentuk ekspresi, hasil karya seni tersebut nantinya akan dibuat seorang ilustrator menjadi buku cerita bergambar khusus anak-anak.

Sebanyak 63 hasil karya seni dari murid-murid ZumenArt Surabaya dipamerkan ke pengunjung dan masyarakat umum di lobi Hotel DoubleTree by Hilton Surabaya, 6-13 Agustus 2023.

13 Hasil karya seni tersebut di antaranya hasil karya dari anak berkebutuhan khusus (ABK) berusia 4 hingga 24 tahun. Anak-anak menggunakan sejumlah media gambar atau lukis beragam. Seperti watercolor, akrilik, pensil warna, crayon, dan digital.

CEO ZumenArt, Win Fajar Adventa, mengatakan, pameran seni ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada anak-anak terutama ABK untuk berekspresi dan berkarya.

Baca Juga:  Sambut Ulang Tahun Ke 3, favehotel Sidoarjo Gelar Pameran Lukisan, Komperta Gumregah

“Serta mengenalkan hasil karya anak-anak kepada para pencinta seni dan memberikan pengertian kepada anak-anak, bahwa mereka bisa melakukan sesuatu yang berguna untuk masyarakat melalui talenta yang Tuhan berikan,” ujar Venta di Surabaya, Senin (7/8/2023).

Setelah dipamerkan, hasil karya seni tersebut nantinya dibuat menjadi buku cerita bergambar bertajuk “Little Dreamer” oleh seorang ilustrator.

Tema tersebut dipilih untuk memberikan gambaran kepada anak-anak tentang mimpi dan harapan di masa depan apabila anak-anak menekuni talenta menggambar yang telah dipercayakan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga:  120 Lukisan akan Dipamerkan di Artos Kembang Langit di Banyuwangi

“Termasuk fenomena bullying (perundungan) yang marak terjadi pada anak-anak. Di sisi lain, selain menjadi pelukis, anak-anak juga didorong menjadi ilustrator buku cerita bergambar,” jelasnya.

Dalam pameran seni ini, ZumenArt berkolaborasi dengan House of Hope, tempat pemberdayaan ABK sekaligus menjadi jembatan untuk memperkenalkan karya mereka kepada pasar.

Baca Juga:  Dekesda Gelar Pameran Lukisan Lintas Generasi

“Tujuannya untuk dapat membangun kepedulian masyarakat kepada anak berkebutuhan khusus yang selama ini hanya dilihat sebelah mata dan kurang beruntung dibandingkan anak-anak lain, sehingga dapat terus berekspresi dan berkarya,” terang Penanggung Jawab House of Hope, Noel Sinaga.

Sebagai bentuk apresiasi kepada semua partisipan yang ada, ZumenArt akan menyebarkan buku Little Dreamers ke-48 Perpustakaan di Jatim bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

ZumenArt merupakan kelas menggambar online dan offline yang berdiri sejak 2008 di Surabaya. Pada 2021, ZumenArt memiliki kelas menggambar dengan anggota aktif yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Antara lain Aceh, Medan, Palembang, Surabaya, Jakarta, Semarang, Bali, Manado, Makasar, Banjarbaru, Kupang, Ambon, Papua dan beberapa kota lainnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *