Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiah Kecamatan Sidoarjo Gelar Musycab di Kota Batu

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang Aisyiah (PCA) Kecamatan Sidoarjo menggelar Musyawarah Cabang (Musycab) di Kota Batu selama dua hari, 5 dan 6 Agustus 2023. Ini merpakan Musycab PCM ke-16 dan Musycab Aisyiah ke-10. Musyab akan memilih formatur yang nantinya memilih ketua periode 2022-2027.

Ketua Panitia Musycab ke-16 PC Muhammadiyah Sidoarjo, M Amil Hamdalah mengharapkan, dari Musycab akan terpilih pimpinan yang militan dan amanah.

“Kami berharap terpilih pimpinan yang kompeten, solid dalam membangun organisasi Muhammadiyah serta mampu menumbuhkan kader-kader Muhammadiyah yang militan yang membumikan Islam berkemajuan dan memajukan Sidoarjo,” ujar M Amil Hamdalah, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga:  Ini Ketua, Sekretaris dan Bendahara Baru Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur

Menurutnya, tantangan ke depan semakin berat menghadapi era yang semakin dinamis. “Di dalamnya ada isu global dan banyak isu menjelang Pemilihan Presiden,” katanya.

Ia mengatakan, tema Musycab PCM kali ini ‘Membumikan Islam Berkemajuan, Memajukan Sidoarjo’. Sedangkan tema Musycab PCA kai ini adalah ‘Perempuan Berkemajuan, Mencerahkan Peradaban Bangsa’. “Tema tersebut adalah tema turunan dari Muktamar Muhammadiyah,” terangnya.

Baca Juga:  Banyuwangi Tuan Rumah Musywil Pemuda Muhammadiyah Jatim, Bupati Banyuwangi Dorong Pemuda jadi Agen Pencerahan
Baca Juga:  Inovasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Olah Daun Jambu Jadi Sabun Tangan

Amil menambahkan, Musycab PCM dikuti 92 peserta. “Salah satu agenda penting Musycab adalah menyampaikan laporan pertanggungjawaban soal kegiatan, kinerja dan keuangan serta program-program ke depan. Kemudian pemilihan formatur yang bertugas dalam PCM kepengurusan tahun 2022-2027,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah Sidoarjo periode 2015-2022 Nailul Mursyidah menuturkan, organisasi yang ia pimpin memiliki 16 ranting yang nantinya setiap ranting memiliki 2 suara ditambah 8 suara majelis dan 7 suara pimpinan. “Nah, Musycab kali ini untuk memilih tujuh formatur yang akan memimpin Aisyiah lima tahun mendatang,” tuturnya.

Ia menambahkan, nanti dirinya akan menyampaikan pertanggungjawaban program serta keuangan dalam rentang waktu kepemimpinannya.

“Kami berharap, ke depan Aisyiah Sidoarjo akan mempunyai pemimpin yang sidiq, amanah, tabligh dan fatonah sebagaimana Rasulullah. Benar dalam tutur kata, polah tingkahnya, tingkah lakunya dan sikap hidupnya,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *