Baru Dibuka Tiga Hari, Sudah 326 Pendaftar di Fakultas Kedokteran Unesa

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya (FK Unesa) membuka program studi (prodi) S1 Kedokteran pada 1-10 Agustus 2023. Baru tiga hari dibuka, tercatat sudah ada ratusan pendaftar. Sebagian di antaranya, bahkan sudah memiliki nomor tes setelah melunasi pembayaran formulir.

Dekan FK Unesa, Dr dr Endang Sri Wahjuni MKes, mengatakan, memasuki hari ketiga pendaftaran 3 Agustus 2023 sudah ada sekitar 326 pendaftar.

Dari jumlah itu, ada 127 peserta sudah melakukan pembayaran formulir atau sudah memiliki nomor tes. Seleksi FK Unesa terdiri dari beberapa tahap mulai dari tes psikologi yang digelar 11 Agustus 2023. Selanjutnya, ujian tulis berbasis komputer pada 12 Agustus 2023.

Baca Juga:  Unesa Buka Prodi Kedokteran Jalur SPMB 2023, Pendaftaran 1-9 Agustus 2023

“Hasil ujiannya akan diumumkan pada 13 Agustus 2023. Lalu, berikutnya peserta akan mengikuti tes kesehatan pada 14 Agustus 2023. Bagi yang dinyatakan lolos daftar ulangnya pada 16-18 Agustus 2023,” ujar dr Endang melalui keterangannya, Jumat (4/8/2023).

Koordinator prodi S1 Kedokteran FK Unesa, dr Hanifiya Samha Wardhani, mengatakan, perkuliahan di FK Unesa hampir sama dengan kedokteran lainnya yang memiliki luaran dokter umum. Namun, memiliki muatan perkuliahan ilmu keolahragaan. Perkuliahan nanti juga menggunakan sistem blok tiap semester.

“Nanti, kuliahnya ada metode spices, problem based learning atau PBL dan perkuliahan seperti biasanya,” terangnya.

Baca Juga:  Terapkan 14 Proker di Lokasi KKN, Mahasiswa Unusa Kontribusi Majukan Desa
Baca Juga:  Inovasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Olah Daun Jambu Jadi Sabun Tangan

dr Hanifiya menjelaskan, terkait SDM, pihaknya sudah memiliki lebih 40 dosen berkompeten dari berbagai disiplin keilmuan, mulai dari ilmu biomedis, kesehatan masyarakat, bioetika, hingga kesehatan.

Tidak hanya itu, dalam program profesi dokter, juga telah dihadirkan beberapa dosen yang memiliki latar belakang sebagai spesialis.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr Sukarmin MPd, mengatakan FK Unesa memiliki semua fasilitas pokok, wajib dan pendukung perkuliahan mahasiswa.

“Sebanyak 11 laboratorium sudah tersedia lengkap dengan fasilitasnya. Termasuk gedung perkuliahan dan sarana praktik. Sejumlah rumah sakit satelit juga sudah siap, baik yang ada di Surabaya maupun daerah lainnya,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *