Arema Football Academy U-16 Raih Kemenangan di Kandang Persis Youth Academy U-16

SOLO, SURYAKABAR.com – Arema Football Academy (AFA) U-16 meraih kemenangan 2-0 pada laga uji coba melawan tuan rumah Persis Youth Academy U-16 di Stadion Blulukan, Solo, Sabtu (5/8/2023) malam.

Hasil positif ini menambah koleksi kemenangan AFA U-16 dalam beberapa laga uji coba. Terakhir tim yang diarsiteki Mantri, pelatih asli Arek Malang ini menjadi juara satu di Festival Sepak Bola U-16 yang diselenggarakan dalam rangka Anniversary ke-11 Sekolah Sepak Bola MASEL di Lapangan Sepak Bola Talang Agung, Kepanjen – Malang, Sabtu-Minggu (29-30/7/2023).

Pertandingan berlangsung ketat dengan format pertandingan tiga babak dengan waktu masing-masing babak 20 menit. AFA U-16 pada pertandingan uji coba kali ini membawa 22 pemain yang sebagian besar kelahiran 2007 dan hanya dua pemain kelahiran 2008.

Starting line up AFA U-16 diisi Awang pada penjaga gawang. Barisan pertahanan yaitu Moza, Rama dan Haidar. Untuk lini tengah diisi Redi (kapten), Adli, Abyan dan Afrizal. Sedangkan striker yaitu Odi, Nento dan Narendra.

Baca Juga:  Arema Football Academy U-16 dan U-18 Uji Coba Kontra Persis Youth Academy di Solo
Pertandingan Persis Youth Academy U-16 menjamu AFA U-16.

Secara penguasaan bola AFA U-16 lebih dominan. Gol pertama AFA U-16 dicetak pemain tengah bernomor punggung 66 Afrizal memanfaatkan kemelut menit 12.

Gol ini berawal dari tendangan bebas yang dilepas Moza. Bola gagal dihalau pemain belakang Persis Youth Academy U-16. Bola liar dikuasai Afrizal sebelum mencetak gol.

Coach Mantri memaparkan strategi kepada pemain AFA U-16.

Peluang gol kembali didapatkan AFA U-16 melalui tendangan bebas sekitar dua meter di luar kotak penalti. Namun, bola tendangan bebas tersebut berhasil ditangkap kiper Persis Youth Academy U-16.

AFA U-16 menambah gol kedua menit 44 atau di babak ketiga yang diciptakan Rizki. Gol ini lahir dari umpan jarak jauh yang diterima Rizki.

Berada di dalam kotak penalti lawan Rizki hanya dikawal satu pemain. Begitu menerima umpan panjang, Rizki berhasil menaklukkan penjagaan pemain lawan. Tendangan Rizki ke tiang jauh sebelah kanan menjebol gawang Persis Youth Academy U-16.

Baca Juga:  Unggul FC Malang Gagal Balas Kekalahan dari IPC Pelindo di Putaran Pertama
Pemain dan ofisial tim AFA U-16.

Dominasi di lapangan tengah dan rapatnya barisan pertahanan AFA U-16 menyulitkan pemain Persis Youth Academy U-16 mengembangkan permainan.

Serangan-serangan tim asal Solo itu hanya membuahkan beberapa peluang, namun tidak terlalu membahayakan gawang AFA U-16. Keunggulan AFA U-16 2-0 bertahan hingga laga usai.

Seiring raihan kemenangan ini Pelatih AFA U-16 Coach Mantri mengaku senang dengan permainan yang ditampilkan Redi sang kapten dkk. Mereka dinilai mampu menjalankan strategi permainan yang diinstruksikan  pelatih.

Baca Juga:  KONI Jatim Segera Panggil Cabor yang Selesai Jalani Pra PON 2024

Coach Mantri menilai anak-anak unggul dalam ball possession hanya ada sedikit kesalahan saat transisi, bertahannya dan kesalahan-kesalahan passing. Hal ini akan menjadi koreksi pelatih kepada pemain pada sesi-sesi latihan berikutnya.

“Kemenangan ini kami persembahkan untuk manajemen Arema  Football Academy, wali siswa dan pendukung Arema Football Academy. Kemenangan ini akan menjadi modal menambah kepercayaan diri tim AFA U-16 dan memompa semangat tim dalam mempersiapkan diri menghadapi Turnamen Elite Pro Academy 2023 yang diikuti seluruh Academy klub peserta Liga 1,” ujar Mantri usai pertandingan. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *