Liga 1
Hasil Liga 1: Sempat Tertinggal, Persik Kalahkan Tuan Rumah PSM

MAKASSAR, SURYAKABAR.com – Persik Kediri keluar dari zona degradasi, menyusul kemenangan 2-1 atas sang juara bertahan sekaligus tuan rumah pada laga pekan keenam BRI Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Kamis (3/8/2023).

Tambahan tiga poin ini, kini Macan Putih Persik mengumpulkan tujuh poin dari enam pertandingan yakni dua kali menang, satu kali seri dan tiga kali kalah. Posisi Persik melejit naik empat strip ke peringkat 12.

Pertandingan berlangsung ketat. Persik memiliki peluang untuk unggul lebih dulu, setelah mendapat tendangan penalti. Namun, eksekusi yang dilakukan Jefinho menit 12 melenceng ke sisi kiri gawang PSM yang dikawal Muhammad Ardiansyah.

Baca Juga:  Tugas Berat Persik Hadapi Sang Juara Bertahan PSM

PSM akhirnya unggul lebih dulu menit 27 lewat tendangan penalti kaki kiri Yuran Lopes. Yuran mengarahkan bola ke sisi kanan, sementara kiper Persik Dikri Yusron bergerak ke sisi kiri. Keunggulan PSM 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Persik melakukan pergantian tiga pemain sekaligus. Fitra Ridwan, Faris Aditama dan Vava Yagalo dimasukkan menggantikan Ferinando Pahabol, Supriadi dan Agil Munawar. Sementara PSM melakukan pergantian pemain Benjamin Dethan masuk lapangan menggantikan Safrudin Tahar.

Tekanan Persik di awal babak kedua cukup merepotkan pertahanan PSM. Lewat tendangan keras Bayu Otto menit 52 dari luar kotak penalti, bola menyilang yang mengarah ke tiang dua gagal dibendung kiper PSM Muhammad Ardiansyah.

Baca Juga:  Ini Pemain Persik yang Dibawa Ke Makassar, Dua Pemain Pilar Dibekap Cedera

Gol ini berawal dari sepak pojok. Bola lambung disundul Vava Yagalo bola mengenai tiang. Bola memantul ke lapangan permainan dikuasai Yance Sayuri. Namun, umpan Yance Sayuri berhasil dipotong Bayu Otto.

Dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, Bayu Otto berhasil menjebol gawang PSM untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Berselang dua menit dari serangan balik, Persik berbalik unggul 2-1. Gol kedua Persik ini lahir dari tendangan kiper Dikri Yusron langsung ke daerah permainan PSM.

Striker Jefinho berhasil memenangi duel dengan pemain belakang PSM Erwin Gutawa, hingga Jefinho tinggal berhadapan dengan kiper PSM Muhammad Ardiansyah. Tendangan Jefinho berhasil menggetarkan gawang PSM.

Kendati di sisa waktu pertandingan PSM berusaha mengejar ketertinggalan, namun upaya itu gagal menghasilkan gol. Keunggulan Persik 2-1 ini bertahan hingga laga usai.

Baca Juga:  Tingkatkan Keselamatan, Kementerian PUPR akan Renovasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Seiring raihan tiga poin di kandang sang juara bertahan ini, Pelatih Persik, Marcelo Rospide mengaku senang Yusuf Meilana dkk mampu bangkit dan merespons permainan dengan lebih baik di babak kedua.

Pergantian tiga pemain di awal babak kedua juga diakuinya sebagai salah satu kunci kemenangan di laga ini.

“Kemenangan ini kami persembahkan untuk Persikmania. Sejak awal kami sudah tahu, bermain di kandang PSM Makassar tidak akan mudah. Dan kegagalan penalti di babak pertama juga sedikit membuat mental bermain terganggu, namun saya senang pemain yang baru masuk di babak kedua mampu mengubah jalannya permainan,” ujar pelatih asal Brasil itu usai pertandingan.

Kemenangan ini tentunya menjadi modal berharga bagi Persik untuk melakoni laga tandang berikutnya melawan Bali United, Senin (7/8/2023). (es)  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *