Berita Lumajang
Tim TRC BPBD Kabupaten Lumajang Gerak Cepat Selamatkan Korban Pendakian Gunung Lemongan Lumajang

LUMAJANG, SURYAKABAR.com – Tim TRC BPBD Kabupaten Lumajang langsung gerak cepat begitu mendapat laporan, satu pendaki Gunung Lemongan di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang mengalami cedera saat melakukan pendakian, Selasa (1/8/2023).

Tim TRC BPBD Kabupaten Lumajang segera melakukan upaya pertolongan dengan menerjunkan satu tim evakuasi yang juga melibatkan Dinas Kesehatan, P2A KB Kabupaten Lumajang dan relawan.

Korban bernama Shohibbul Fatoni (21) warga Dusun Gepeng RT 01 RW 04 Desa Kalisalam Kecamatan Dringu Kab Probolinggo. Korban mendaki bersama tujuh orang temannya, Minggu (31/7/2023).

Baca Juga:  Banyuwangi Open Paralayang Digelar di Gunung Menyan, Peserta Bisa Nikmati Keindahan Gunung Api Purba

Kepala Bidang Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kabupaten Lumajang, Reza Aditya mengatakan, pihaknya mendapat laporan, korban mengalami hipotermia atau kedinginan dari Tagana Probolinggo.

“Shohibbul Fatoni menelepon ayahnya, Hartono, dirinya mengalami Hipo (Kedinginan) dan tidak melanjutkan perjalanan untuk turun dan meminta untuk menghubungi tim penolong yang ada di Kabupaten Lumajang. Hartono melaporkan kejadian ini kepada Tagana Probolinggo dan meneruskan kepada Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang,” kata Reza Aditya, Rabu (2/8/2023) dikutip laman Pemkab Lumajang.

Baca Juga:  Tanah Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru, Masyarakat Diminta Waspada
Baca Juga:  Temperan di Jombang, KAI Sayangkan Kecelakaan Lalu Lintas yang Kembali Terjadi

Menurut Reza Aditya, tidak membutuhkan waktu lama, Tim 1 evakuasi segera melakukan penjemputan terhadap korban. Disusul dengan Tim 2. “Tim sudah mengevakuasi korban. Korban dievakuasi dalam kondisi lemas,” ujarnya.

Selanjutnya, korban ditangani tim medis untuk dilakukan cek up dan penanganan medis di atas Pos 2 pendakian Gunung Lemongan.

Korban selanjutnya dibawa menuju Puskemas Klakah mengggunakan Ambulan PSC 118 untuk dilakukan penanganan medis lebih lanjut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *