Mahasiswa Unusa Wakili PTS Jatim Lolos Pilmapres Tingkat Nasional 2023 di Unhas Makassar

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Naufal Ilham Saputra lolos seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat nasional 2023 yang digelar di Universitas Hasanuddin  (Unhas) Makassar, 25-28 Juli 2023.

Naufal Ilham Saputra menjadi satu-satunya perwakilan mahasiswa dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur yang lolos ke Pilnapres.

Berdasarkan Surat Keputusan Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 1177/J7.1/PN.00/2023 tentang Pengumuman Finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2023 menetapkan Naufal Ilham Saputra, mahasiswa D4 Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan (FKes) Unusa lolos dan terpilih mengikuti seleksi di tingkat nasional.

Naufal merupakan satu dari 18 peserta yang dinyatakan lolos dan terpilih mengikuti tahap seleksi Pilmapres tingkat nasional 2023 dengan menyisihkan puluhan perwakilan mahasiswa dari PTS di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 7 Jatim untuk kelompok Perguruan Tinggi Vokasi.

Baca Juga:  Taekwondo UMM Borong Medali di Pomprov Jatim
Baca Juga:  Kukuhkan Enam Guru Besar, Unesa Target Hasilkan 18 Guru Besar Tiap Tahun

“Ini adalah dorongan batin yang kuat yang mendorong kita untuk tetap berjuang, meskipun menghadapi rintangan atau tantangan. Semangat yang kuat memungkinkan kita untuk terus maju, bahkan dalam situasi sulit,” ungkap mahasiswa kelahiran Surabaya, 25 Maret 2002 itu.

Naufal yang pernah mengikuti kegiatan program Jenesys 2022 di Jepang ini, mengakui ketekunan adalah kemampuan untuk bertahan dan terus berusaha dalam jangka waktu yang panjang. Tanpa ketekunan, seseorang mungkin akan menyerah ketika menghadapi kesulitan atau tidak melihat hasil segera dari usahanya.

Baca Juga:  17 Mahasiswa Universitas Brawijaya Ikut Shell Eco-Marathon Asia 2023 di Sirkuit Mandalika

“Orang yang berhasil sering memiliki tingkat ketekunan yang tinggi, mereka tidak mudah menyerah dan mampu melampaui hambatan untuk mencapai tujuan mereka,” jelasnya.

Selain itu, prinsip yang ia pegang juga melibatkan faktor-faktor lain, seperti pengetahuan, keterampilan, peluang, dukungan sosial dan keberuntungan. Namun, usaha, semangat, dan ketekunan tetap menjadi elemen kunci yang membantu tetap berfokus dan bergerak maju dalam mencapai tujuan mereka.

“Dukungan orang tua, dan khususnya sivitas akademika Unusa menjadi hal yang luar biasa bagi saya. Pesan bagi teman-teman mahasiswa, yang terpenting adalah mencari tujuan yang bermakna bagi diri sendiri dan berkomitmen untuk mencapainya dengan usaha, semangat, dan ketekunan yang maksimal,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *