Liga 1
Persebaya Imbang Lawan RANS Nusantara, Dua Kali Main Kandang Belum Menang

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Persebaya Surabaya kembali gagal mengamankan poin penuh saat menjadi tuan rumah di BRI Liga 1 2023-2024. Ini setelah pada laga pekan keempat, Persebaya ditahan tamunya RANS Nusantara FC 2-2 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu (23/7/2023).

Dua kali bermain di kandang, Persebaya belum menang. Sebelumnya pada pekan kedua, 8 Juli 2023, Persebaya bermain imbang 1-1 saat menjamu Barito Putra.

Seiring hasil imbang di pekan keempat ini, kini Persebaya bertengger di posisi 11 mengumpulkan lima poin, hasil satu kali menang, dua kali seri dan satu kali kalah.

Sementara bagi RANS Nusantara hasil imbang ini menempatkan mereka di peringkat delapan mengantongi tujuh poin, hasil dua kali menang satu kali imbang dan satu kali kalah.

Baca Juga:  Ini Nama-nama Ketua Komite PSSI 2023 - 2027, Erick Thohir Pimpin Komite Wasit

Persebaya membuka pertandingan dengan keunggulan lebih dulu menit 27 lewat sundulan Kadek Raditya meneruskan bola lambung tendangan bebas yang dilepas Ze Valente.

Tidak butuh waktu lama Tavinho menyamakan kedudukan 1-1 menit 29. Gol Tavinho ini tercipta dari sudut sempit, setelah menerima umpan panjang yang dilepas Angelo Meneses dari lingkaran tengah.

RANS Nusantara berbalik unggul 2-1 saat babak pertama memasuki menit pertama di tambahan waktu. Umpan tarik Mitsuru Maruoka divoli Abdul Rahman untuk menjebol gawang Persebaya yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi.

Baca Juga:  Deltras Kalahkan Porprov Sidoarjo dalam Laga Uji Coba Tiga Babak

Upaya Persebaya mengejar ketertinggalan baru terwujud menit 80. Berawal dari serangan balik, pemain pengganti Kasim Botan menyodorkan umpan terobosan ke Paulo Victor.

Kiper RANS Nusantara, Hilman Syah terkecok, karena Victor tidak langsung menendang bola. Usai mengelabui Hilman Syah, Victor baru melepas tendangan ke gawang yang sudah kosong. Skor imbang 2-2 bertahan hingga laga usai.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengakui masih ada problem di lini pertahanan timnya, sehingga kembali gagal meraih kemenangan di laga kandang.

Baca Juga:  Jalani Debut di Persija, Begini Komentar Rizky Ridho

“Pertandingan hari ini, kembali lagi koordinasi pemain belakang menjadi masalah terutama di samping kiri,” ujar Aji Santoso.

Aji mengakui absennya Reva Adi Utama membuat sektor kiri Persebaya menjadi bulan-bulanan pemain RANS Nusantara FC. “Gol pertama dan  kedua terlalu mudah menurut saya. Ini yang menjadi PR saya,” tandas Aji.

Kelemahan di sektor kiri ini menjadi tugas bagi jajaran pelatih Persebaya sebelum tandang ke kandang Persija Jakarta di pekan kelima, Minggu (30/7/2023).

Sama seperti Persebaya, Persija juga baru mengumpulkan lima poin. Bahkan, pada laga pekan keempat, Persija menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah Persita Tangerang. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *