Berita Sidoarjo
Kali Keempat Kabupaten Sidoarjo Raih Penghargaan Kabupaten Kota Layak Anak Kategori Nindya

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kabupaten Sidoarjo mendapat predikat kategori Nindya pada Malam Penganugerahan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) di Hotel Padma, Semarang, Sabtu (22/7/2023) malam. Penghargaan KLA kategori Nindya ini untuk kali keempat diterima Kabupaten Sidoarjo secara beruntun.

Penghargaan ini diserahkan Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi.

I Gusti Ayu Bintang mengimbau kepada para pemenang untuk terus menguatkan komitmen, kerjasama, bersinergi dan berkolaborasi bagi semua pemangku kepentingan untuk perlindungan anak Indonesia.

Baca Juga:  Wabup Sidoarjo Subandi Berharap Tidak Ada Lagi Bullying di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

“Investasi suatu negara yang paling berharga adalah sumber daya manusia. Hal ini penting bagi pemerintah, lembaga, dunia usaha, masyarakat, tokoh dan lembaga adat dan media, harus bekerjasama, bergotong royong, bersinergi dan bergerak bersama dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, masalah pemenuhan hak dan perlindungan anak masih menjadi pekerjaan rumah sehingga harus didukung kebijakan program dan penganggaran ramah anak.

Baca Juga:  Minyak Goreng Dijual Ala POM Mini, Banyak Pemotor Kecele akan Mengisi BBM

“Saya berharap tahun 2030 semua kabupaten dan kota di Indonesia berpredikat kabupaten atau kota layak anak. Karena sangat penting untuk mencapai generasi emas pada tahun 2045,” tegas Bintang.

Sementara itu Subandi mengaku bangga atas capaian ini. “Pencapaian prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak yang berkomitmen kuat untuk mewujudkan Kabupaten Sidoarjo layak anak,” tuturnya.

Kepala DP3AKB Kabupaten Sidoarjo, drg Syaf Satriawarman mengatakan, untuk kategori peghargaan KLA ini mulai dari kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten Layak Anak. Untuk pencapaian KLA predikat Nindya ini sudah sesuai target Kabupaten Sidoarjo di tahun ini.

Baca Juga:  Universitas Brawijaya Kukuhkan Empat Profesor Sekaligus

“Kabupaten Sidoarjo mendapat predikat Nindya empat kali berturut-turut, mulai 2019- 2021, dan 2023,” ucapnya.

Tahun ini ada 459 kabupaten/kota yang menjadi peserta evaluasi KLA tahun 2023. Hasil evaluasi 360 kabupaten/ kota yang mencapai predikat Kabupaten/ Kota Layak Anak 2023 berbagai kategori.

Ada 19 daerah yang meraih kategori utama, 76 kategori Nindya, 130 Kategori Madya, dan 135 kategori Pratama. Penilaian melalui empat tahap yakni, penilaian mandiri, verifikasi administrasi, verifikasi lapangan, dan verifikasi final. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *