HUT ke 78 Kemerdekaan RI
Pemkab Sidoarjo Bagikan Puluhan Ribu Bendera Merah Putih Jelang HUT ke 78 Kemerdekaan RI

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Menjelang HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Pemkab Sidoarjo membagikan puluhan ribu Bendera Merah Putih dan 1.000 tiang bendera kepada masyarakat.

Hal ini merupakan dukungan Semarak Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia. Selain untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan, pembagian bendera ini bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa nasionalisme seluruh warga di semua wilayah nusantara.

Pembagian bendera secara simbolis diberikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sidoarjo Mustain Baladan, kepada perwakilan Ormas.

Baca Juga:  Ayo Rek, Nonton Pertunjukan Drama Musikal Sejarah, Berkibarlah Benderaku di CFD Tunjungan Surabaya

Mustain mengatakan, pembagian bendera merah putih diberikan kepada Ormas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat guna menumbuhkan kembali patriotisme dan jiwa kebangsaan generasi muda yang saat ini dirasa acuh pada bangsanya.

“Dengan kegiatan pembagian 10 juta bendera di seluruh Indonesia termasuk di Sidoarjo seperti ini, harapan kami kepada kawan-kawan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dapat membagikan bendera ini agar bisa menumbuhkan kembali sifat patriotisme dan jiwa kebangsaan generasi muda kita saat ini,” tutur Mustain, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga:  BBTNBTS Bentangkan 77 Bendera Merah Putih Ukuran 2022 Meter di Lautan Pasir Bromo

Mustain menambahkan, bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia. Saat ini telah terkumpul 32.437 ribu bendera Merah Putih di Bakesbangpol Sidoarjo. Secepatnya puluhan ribu bendera ini segera dibagikan.

Menurut Mustain, selain di kantornya, sebagian bendera telah dikirim ke kecamatan. Nantinya pihak kecamatan dapat membagikan ke lingkungan masing-masing.

Baca Juga:  Kemeriahan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Sudah Terasa di RW 05, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi Sidoarjo

Kemudian juga disiapkan tiang bendera untuk memerah putihkan tempat-tempat umum. Akan ada 1.000 tiang bendera yang siap dipasang di tempat terbuka.

“Bendera merah putih secara simbolis diberikan kepada perwakilan Pasukan Bela Negara, Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, Perwakilan NU, Muhammadiyah, LDII, Muslimat NU, Fatayat NU, Aisyiyah Kabupaten Sidoarjo, KNPI, purna Paskibraka dan kepada Gerakan Pemuda Ansor,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *