HUT ke 78 Kemerdekaan RI
Diklat Paskibraka 2023 Lumajang Dimulai, Pesertanya 40 Putra dan 35 Putri, Ini Pesan Sekda Lumajang

LUMAJANG, SURYAKABAR.com – Pembukaan pemusatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023 dilaksanakan di Stadion Semeru Kabupaten Lumajang, Kamis (20/7/2023).

Pemusatan pendidikan dan pelatihan calon Paskibraka 2023 ditandai pemasangan atribut peserta dan pelatih yang terdiri dari TNI, POLRI dan Purna Paskibraka Kabupaten Lumajang oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, bertindak selaku inspektur upacara dan membuka secara resmi acara tersebut.

Dalam amanatnya, Agus Triyono menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah terpilih menjadi bagian dari calon Paskibraka Kabupaten Lumajang 2023.

Baca Juga:  Pemkab Sidoarjo Bagikan Puluhan Ribu Bendera Merah Putih Jelang HUT ke 78 Kemerdekaan RI

“Momen ini kalian nikmati, di tahun 2023 tiba waktunya mengalami peristiwa bagi kalian yang menjadi perjalanan dan pengamalan. Ini catatan penting dalam perjalanan hidup kalian menjadi pasukan kebanggaan pengibar bendera pusaka di Kabupaten Lumajang,” ujar Agus Triyono.

Menurutnya, Paskibraka akan mempunyai tugas penting dalam satu hari saja yakni pada 17 Agustus. Oleh karena itu, setiap tahun momen puncak 17 Agustus harus dipersiapkan dengan baik.

Baca Juga:  Kemeriahan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Sudah Terasa di RW 05, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi Sidoarjo

“Saya berharap kepada panitia dan para pelatih untuk terus memperhatikan fisik, kedisiplinan waktu, dan kerapian para peserta Paskibraka Kabupaten Lumajang,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Lumajang juga berpesan kepada para peserta calon Paskibraka Kabupaten Lumajang, untuk memperhatikan arahan dari pelatih dalam mempersiapkan diri agar momen puncak 17 Agustus nanti berjalan sempurna.

Baca Juga:  MPLS di Kebun Binatang Surabaya Latih Kemandirian dan Kepekaan Siswa Baru Smamda

“Bagus dalam PBB yang dibutuhkan adalah kekompakan, kedisiplinan dan keseragaman kalian dalam melakukan gerak dan langkah sesuai arahan pelatih. Prosesi pengibaran bendera merah putih 17 Agustus nanti tentu dengan pelaksanaan yang sempurna. Saya yakin anak-anakku semua bisa melaksanakan itu,” katanya.

Jumlah peserta calon Paskibraka yakni 75 peserta, terdiri 40 putra dan 35 putri yang merupakan siswa-siswi terbaik dari tingkat SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Lumajang. Sebelumnya calon Paskibraka ini telah dilakukan penjaringan melalui seleksi beberapa waktu lalu.

Sementara, peserta dari Kabupaten Lumajang yang lolos untuk mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka Provinsi Jawa Timur sebanyak 2 peserta, yakni 1 putra dan 1 putri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *