MPLS SMA/SMK/SLB di Jatim Pecahkan Rekor MURI, Diikuti 3.395 Sekolah

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA/SMK/SLB Negeri dan Swasta se-Jawa Timur mencatatkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). MPLS yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara serentak tersebut diikuti 3.395 sekolah di 38 Kota/Kabupaten di Jawa Timur.

Pembukaan MPLS tingkat SMA/SMK/SLB se-Jawa Timur dilakukan secara serentak dan dipusatkan di SMK Negeri 5 Surabaya oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai. MPLS tingkat SMA/SMK/SLB, baik negeri maupun swasta se-Jawa Timur tersebut resmi tercatat di MURI.

Perwakilan MURI, Sri Widayanti, mengatakan, MPLS tersebut dibuka dengan melibatkan sekolah terbanyak atau sebanyak 3.395 sekolah yang tersebar di 38 Kota/Kabupaten di Jawa Timur. Kegiatan tersebut resmi tercatat di MURI sebagai rekor yang ke-11.070.

Baca Juga:  Hari Pertama Masuk Sekolah Orangtua Antusias Dampingi Anak

“Piagam penghargaan MURI dianugerahkan langsung kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, sebagai pemrakarsa,” ujar Sri Widayanti saat menyerahkan Piagam Penghargaan MURI di SMK Negeri 5 Surabaya, Senin (17/7/2023).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, MPLS SMA/SMK/SLB se-Jawa Timur secara serentak ini resmi dibuka dan ditandai dengan ikrar anti kekerasan dan anti bullying (perundungan) oleh perwakilan siswa dan diikuti ribuan siswa se-Jawa Timur.

Gubernur Khofifah menegaskan tidak ada kekerasan atas nama apapun dalam MPLS ini. Para siswa harus dididik, dibina, dan diingatkan.

Baca Juga:  Wabup Sidoarjo Subandi Berharap Tidak Ada Lagi Bullying di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

“Ikrar yang diucapkan peserta MPLS tadi juga mengikat para siswa senior, mentor maupun guru. Artinya, tidak ada kekerasan yang ditolerir baik yang dilakukan senior, mentor maupun guru,” tegas Gubernur Khofifah.

Melalui MPLS ini, Gubernur Khofifah menyampaikan pesan kepada seluruh siswa dan guru untuk bersama-sama membangun semangat bersama. Para siswa diminta menyiapkan diri sebagai warga negara yang siap untuk memimpin Indonesia di tahun 2045 mendatang, atau saat Generasi Emas Indonesia, dan siswa dituntut harus sehat.

Baca Juga:  Jelang Masuk Sekolah Toko Tas dan Sepatu di Porong Sidoarjo Ramai Pembeli

“Penguatan karakter dibutuhkan agar siswa taat pada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, taat kepada orang tua dan taat kepada guru. Rasulullah bersabda, bukan umatku kalau yang muda tidak menghormati yang tua, dan yang tua tidak menyayangi yang muda. Saya ingin siswa junior menghormati senior dan guru-gurunya, serta siswa senior menyayangi juniornya. Semua hidup penuh kasih sayang, anti kekerasan dan perundungan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, mengatakan, nantinya, pengawasan MPLS diserahkan kepada sekolah masing-masing untuk bertanggung jawab. Jika ditemukan adanya tindak kekerasan maupun perundungan di sekolah, pihak sekolah akan diberi sanksi tegas.

“Selain itu, pihak sekolah juga wajib menyerahkan hasil MPLS kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di masing-masing Kota/Kabupaten,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *