Keren, Mahasiswa UM Surabaya Raih Emas Climbing World Cup 2023 di Prancis

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya patut berbangga, setelah salah satu mahasiswanya meraih gold medal (medali emas) dalam International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup Chamonix 2023 di Prancis, Sabtu (8/7/2023) waktu setempat.

Mahasiswa tersebut, Rahmad Adi Mulyono. Mahasiswa Prodi Manajemen UM Surabaya itu berhasil meraih medali emas pada nomor speed.

Di semifinal, mahasiswa semester delapan yang mendapat julukan Spiderman Jatim tersebut, mencatatkan waktu 4,97 detik atau unggul tipis atas Nursamsa Raharjati 4,98 detik. Nursamsa meraih perunggu pada nomor ini.

Baca Juga:  Manfaatkan Teknik Ecoprint, Universitas Muhammadiyah Malang Ciptakan Produk Pakaian dari Mangrove

Kemudian, pada babak final, Adi melawan wakil Kazakhstan, Rishat Khaibullin. Adi menjadi yang terbaik dan mendapatkan medali emas setelah mencatatkan waktu 5,01 detik atas Khaibullin yang mencatatkan waktu 5,05 detik.

“Syukur Alhamdulillah, saya sangat senang dan bersemangat, karena ini adalah medali emas pertama saya di kompetisi Piala Dunia,” ujar Adi, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga:  320 Mahasiswa Universitas Brawijaya Turun ke Lumajang, Ini Programnya

Adi mengaku telah berlatih dan berusaha keras bersama tim. Sebuah tim yang dianggap seperti keluarga tersebut, mendorongnya dalam mempersiapkan setiap kompetisi, dan apa yang ia nantikan berbuah hasil yang manis di kejuaraan dunia.

“Terima kasih untuk dukungan keluarga, pelatih, tim Indonesia, kampus UM Surabaya, dan seluruh rakyat Indonesia, terus doakan saya,” ungkapnya.

Mahasiswa semester akhir tersebut berharap bisa melanjutkan dan mendapatkan medali di kejuaraan dunia pada kejuaraan-kejuaraan berikutnya. Selain itu, di tengah kesibukannya saat ini, ia berharap bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu di UM Surabaya.

Baca Juga:  Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Manfaatkan AI dan Chatbot untuk Permudah Layanan

Sementara, Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemahasiswaan UM Surabaya, Ma’ruf Sya’ban, mengaku bangga dan mengapresiasi capaian yang diraih mahasiswa peraih beasiswa atlet UM Surabaya tersebut.

“Ajang kejuaraan dunia selalu menjadi ajang bergengsi, tidak hanya kampus yang bangga, tapi juga seluruh rakyat Indonesia. Ini adalah capaian yang sangat membanggakan universitas dan Indonesia,” terang Ma’ruf.

Ma’ruf menambahkan universitas akan terus mendukung para atlet UM Surabaya dalam kompetisi-kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Ma’ruf berharap capaian ini menjadi semangat bagi atlet lain untuk berprestasi. (cat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *