Berita Sidoarjo
Belasan Mahasiswa Asal Thailand Bermain dan Cicipi Kue Tradisional di Kampung Lali Gadget di Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Belasan Mahasiswa asal Thailand mengunjungi Kampung Lali Gadget, di Dusun Bendet, Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, Senin (10/7/2023).

Mereka adalah mahasiswa Universitas Burapha Thailand yang saat ini mengikuti program pertukaran mahasiswa di Universitas Muhammadiyah selama lima hari.

Salah satu dari mereka, Tissaya Qiu mengaku sangat senang berada di Sidoarjo. “Penduduknya sangat ramah, mereka murah senyum,” katanya kepada suryakabar.com, Senin (10/7/2023).

mahasiswa 1

Ia menambahkan, budaya di Indonesia tidak jauh berbeda dengan budaya di negaranya sehingga tidak butuh terlalu banyak adaptasi.

Saat mencicipi kue sawut berbahan dasar ketela, ia sangat menyukainya. “Saya sangat senang karena kue ini tidak terlalu manis seperti umumnya kue di negara saya,” imbuhnya.

mahasiswa 2

Tissaya juga terlihat menikmati permainan tradisonal panahan dari kayu dan baling-baling dari daun bambu yang dimainkan dengan telunjuk tangan.

Selain di Kampung Lali Gadget, para mahasiswa asal Negeri Gajah Putih ini juga akan mengunjungi luapan lumpur di Porong serta Air Terjun Dlundung di Trawas Mojokerto.

mahasiswa 3

Founder Kampung Lali Gadget, Achmad Irfandi mengatakan, di Kampung Lali Gadget pengunjung bisa menikmati aneka permainan tradisional seperti, bermain lumpur di sawah, egrang, bakiak, membatik serta permainan lain yang bisa mengembalikan memori akan permainan di masa kecil.

“Saat ini gempuran gadget sangat luar biasa namun hal itu tidak bisa dilawan. Nah, pengunjung di sini baik dewasa maupun anak-anak bisa bergembira dengan meninggalkan gadget mereka,” terang Irfan.

Ia berharap, setelah mengunjungi Kampung Lali Gadget, para orang tua bisa menciptakan permainan serupa di rumah agar bisa mengendalikan ketergantungan buah hati mereka terhadap gadget. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *