Kemeriahan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Sudah Terasa di RW 05, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kemeriahan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI sudah terasa di RW 05 Perumahan Taman Candiloka, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi Sidoarjo.

Hal itu ditandai dengan pembukaan rangkaian kegiatan ‘Agustusan’ di fasum RW setempat, Minggu (2/7/2023) sore.

Pembukaan ditandai pelepasan balon oleh Ketua RW 05, Seno Purwantomo yang diikuti semua perwakilan RT 1 sampai dengan RT 10, PKK serta Karang Taruna.

ampelsari agustusan 1

Seno mengatakan, rangkaian peringatan HUT RI 78 bertujuan meningkatkan kebersamaan, kerukunan, kekompakan serta kepedulian antar warga.

“Tema HUT RI ke 78 tahun ini adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” tuturnya.

Menurutnya, tahun ini merupakan peringatan kemerdekaan yang pertama sejak terhenti karena pandemi.

ampelsari agustusan 2

Ia melanjutkan, aneka perlombaan digelar di antaranya, bola voli, catur, karaoke, paving racing, ketangkasan bola tempeh, lomba lingkungan serta video cinematic.

“Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan jalan sehat serta malam Gebyar Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI yang digelar pada 27 Agustus 2023 mendatang,” imbuh Seno.

ampelsari agustusan 3

Ketua panitia, Taufik Wijaya mengatakan, lomba video cinematic baru pertamakali ini digelar. “Lomba ini untuk membangkitkan kreativitas para remaja di era digital,” terangnya.

Ia menambahkan, video dengan durasi sekitar 5 menit yang dilombakan berisi tentang potensi yang ada di lingkungan peserta lomba, pesan kebersihan serta pesan moral yang disampaikan.

“Nantinya peserta harus mempresentasikan video yang dibuat lengkap dengan pesan yang dibawa,” imbuhnya.

Sementara itu tokoh masyarakat RW 05, Sugeng Hartono menuturkan, perayaan HUT Kemerdekaan merupakan tetenger bahwa bangsa kita telah merdeka.

“Merdeka di sini bukan hanya berarti sekadar merdeka fisik namun bisa juga berarti merdeka dari iri hati dan dengki kepada sesama. Jadi peringatan kemerdekaan seperti ini intinya merekatkan kehidupan bermasyarakat,” pesannya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *