Idul Adha Tahun ini Warga Korban Lumpur Desa Jatirejo Porong Kurban 6 Sapi dan 4 Kambing

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Ratusan warga korban lumpur menggelar salat Idul Adha di halaman samping Masjid Nurul Azhar, Desa Jatirejo Utara, Kecamatan Porong, Rabu (28/6/2023). 

Ketua Yayasan Nurul Azhar, M Masrukh mengatakan, sejak lumpur menyembur pada 29 Mei 2006 silam, masjid yang berada di sisi Barat Jalan Raya Porong rutin menggelar salat Idul Adha.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami menggelar Salat Idul Adha sekaligus menyembelih hewan kurban,” tuturnya.

lumpur 1

Kali ini hewan kurban yang disembelih 6 ekor sapi dan 4 ekor kambing. “Ini merupakan kurban dari eks warga Desa Jatirejo dan eks warga sekitar seperti Desa Ketapang, Mindi, Siring dan Kedungbendo yang sebelum luapan lumpur memang rutin beribadah di Masjid Nurul Azhar,” jelasnya.

Semenjak bencana lumpur menyembur 17 tahun silam, warga berpindah tempat tinggal dan berpencar. Nah pada momen seperti ini, mereka kembali dipertemukan.

“Momen seperti Idul Fitri dan Idul Adha seperti ini seringkali kami jadikan sebagai ajang silaturahmi dan temu kangen,” terang Masrukh.

Ia melanjutkan, nantinya daging kurban dibagikan kepada jamaah Masjid Nurul Azhar serta warga desa sekitar.

Suparman, eks warga Desa Jatirejo RT 2, RW 1 yang sekarang bertempat tinggal di Japanan Pasuruan mengatakan, ia bersama keluarga rutin mengikuti salat Idul Adha dan Idul Fitri di sini.

“Dulu tempat tinggal kami di sini, hingga saat ini rasanya masih berat meninggalkan kampung halaman,” ucapnya.

Ia mengaku senang pada momen seperti ini bisa bertemu langsung dengan mantan tetangga. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *