Berita Sidoarjo
Ekskavasi Situs Pandan Kedungkeras di Desa Tulangan Sidoarjo Temukan Arca Mahakala dan Kepala Naga

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tim Arkeolog Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jawa Timur melakukan ekskavasi situs Pandan Kedungkeras di Dusun Tulangan Selatan, Desa Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo.

Selama delapan hari ekskavasi candi dari batu bata merah ini, tim menemukan arca Mahakala yang dikenal sebagai Dewa Pembinasa setinggi 40 cm dan arca Kepala Naga dari batu andesit.

Pemimpin ekskavasi Vidi Susanto mengatakan, penemuan dua arca tersebut tidak berada di dalam sumuran candi pada umumnya, namun di luar sisi Timur candi.

“Sebelumnya, sekitar satu tahun lalu, warga menemukan lempengan emas berbentuk kura-kura dan naga. Namun bentuknya tidak utuh,” jelas Vidi, Senin (26/6/2023).

situs1

Tim ekskavasi menggali belasan titik di sekitar candi. “Biasanya bangunan candi tidak berdiri sendiri, namun juga dikelilingi pagar. Nah setelah ekskavasi selesai, baru bisa ditentukan situs ini masuk dalam cagar budaya atau tidak,” terangnya.

Vidi mengatakan, candi berukuran panjang dan lebar 5 meter ini merupakan tempat pemujaan. Ia memperkirakan candi dibuat di era Kerajaan Majapahit.

Sementara itu Kepala Desa Tulangan Sutrisno mengatakan, situs candi ditemukan pada awal 2022 lalu. “Awalnya kami tidak mengira, di dalam tumpukan tanah ini terdapat bangunan candi, namun setelah tumpukan tanah itu kami pindah, eh ternyata ada situs candi,” tutur Sutrisno.

situs2

Karena letaknya tersebut, lanjut Sutrisno, warga sempat menjulukinya sebagai Candi Mumbul. “Bersama tokoh warga, lalu kami sepakat menamai Candi Pandan Kedungkeras karena sesuai julukan daerah ini,” terangnya.

Ia berharap, penemuan situs candi ini bisa menjadi jujugan ilmu pengetahuan dan kebudayaan bagi pelajar dan peneliti.

“Kami juga berharap dampak ekonomi bisa dimanfaatkan warga sekitar karena semenjak penemuan candi ini tersiar, pengunjung tidak berhenti datang ke sini,” tandas Sutrisno. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *