Berita Lumajang
Pemkab Lumajang Pastikan Hewan Kurban dalam Kondisi Sehat

LUMAJANG, SURYAKABAR.com -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang memastikan seluruh hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Kurban Idul Adha 1444 H pada 29 Juni 2023 nanti dalam kondisi sehat.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang, Siswanto mengatakan, pihaknya telah membentuk tim khusus yang terdiri dari dokter hewan dan tenaga kesehatan hewan, untuk melakukan pemeriksaan di seluruh lapak hewan kurban yang ada di Kabupaten Lumajang.

“Untuk tim pemeriksanya itu kita melibatkan petugas medis dan paramedis yang ada di DKPP Lumajang, tenaga kesehatan hewan yang diluar DKPP, dan juga nakes hewan yang membuka praktek secara mandiri, jumlahnya sekitar seratus petugas lebih,” kata Siswanto dikutip laman Pemkab Lumajang, Kamis (22/6/2023).

Menurut Siswanto kegiatan pemeriksaan hewan kurban itu nantinya dijadwalkan dilakukan sebelum maupun sesudah proses penyembelihan hewan kurban.

“Kita sudah membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban, dan itu akan dilakukan pemeriksaan sebelum dan sesudah dipotong, atau bahasa kita Antemortem dan Postmortem,” ujarnya.

Siswanto menambahkan, pemeriksaan Antemortem meliputi jenis kelamin, umur, berat badan, kondisi kesehatan secara umum dan pemeriksaan lubang-lubang pada hewan.

Sementara, pemeriksaan Postmortem meliputi pemeriksaan kondisi daging hewan kurban yang sudah disembelih, kondisi organ pencernaan dan pemeriksaan limpa, hati dan paru-paru. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *