Berita Lumajang
Siswa SD, MI, SMP, MTs dan MA di Lumajang Terima Seragam Gratis dari Pemkab Lumajang

LUMAJANG, SURYAKABAR.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, menjelang tahun ajaran baru membagikan seragam gratis bagi siswa SD, MI, SMP, MTs dan MA.

Bantuan seragam sekolah diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati kepada perwakilan siswa masing-masing jenjang, di Kantor Bupati Lumajang, Rabu (21/6/2023).

“Program ini bagi Cak Thoriq (sapaan Bupati Lumajang) dan saya adalah salah satu program utama kami. Hal yang membahagiakan bagi kami berdua dan masyarakat. Ini luar biasa dampaknya, mendapatkan perhatian besar dari masyarakat karena kita tahu kain seragam tidak murah,” ujar Bunda Indah.

Ia juga menyampaikan, penyediaan bantuan seragam sekolah untuk jenjang SD, MI, SMP dan MTs dianggarkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang sebagai pengampu program. Sedangkan untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) dianggarkan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lumajang.

Lanjut dia, bantuan seragam sekolah bagi siswa baru merupakan salah satu dari 20 Program Strategis Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

Bantuan ini diharapkan mampu meringankan beban pendidikan bagi wali murid baru terutama bagi keluarga kurang nampu.

“Semoga dengan adanya berbagai bantuan pendidikan yang kami haturkan dan berbagai kemudahan pelayanan pendidikan menjadikan anak-anak bunda semangat belajar, memiliki kepribadian berakhlakul karimah, sukses dan harapan yang dicita citakan bisa tercapai,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Agus Salim menjelaskan, pada Tahun Anggaran 2023, pihaknya telah menganggarkan belanja kain untuk jenjang SD/MI sebesar Rp3,8 miliar dan jenjang SMP/MTs sebesar Rp3,4 miliar.

Total Pemkab menyediakan bantuan seragam sekolah untuk jenjang SD, MI, SMP dan MTs sebanyak 101.834 potong dan jenjang MA sebanyak 23.192 potong. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *