Berita Sidoarjo
Gubernur Khofifah Kunjungi Peternak di Sidoarjo Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban di Jatim Cukup

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi peternakan One Qolbu Farm di Perum Wahyu Taman, Desa Sarirogo, Sidoarjo, Kamis (8/6/2023).

Khofifah memastikan stok hewan kurban di Jatim menjelang Idul Adha tercukupi dan kondisi hewan kurban sehat dan aman.

“Aman tak hanya berarti bebas penyakit mulut dan kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) saja, namun hewan tersebut sudah memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban. Misalnya berusia minimal dua tahun, giginya sudah tanggal hingga tidak dalam kondisi sakit,” tutur Khofifah.

sapi

Khofifah menambahkan stok sapi di Jatim yang sudah siap dijadikan hewan kurban sekitar 1.003.000 ekor. Sementara kebutuhannya diprediksi sekitar 54.000 ekor sapi.

Sedangkan untuk kambing sebesar 270.000 ekor dan 200.000 ekor domba. Sementara itu kebutuhan kerbau diprediksi hanya 13 ekor saja, sedangkan stok kerbau yang siap dikurban mencapai 4.000 ekor.

“Jadi baik itu kerbau, sapi, kambing atau domba, stok hewan ternak di Jatim dalam kondisi cukup,” terangnya.

sapi1

Khofifah mengaku telah berkoordinasi dengan pihak luar daerah Jatim agar membeli hewan kurban dari Jatim karena stoknya melimpah dan terjamin kesehatannya.

Khofifah meminta kepala dinas peternakan di kabupaten atau kota agar selalu siaga dan waspada terutama tim dokter hewan dan tim veteriner agar tetap mengecek dan memonitoring lalu lintas hewan kurban.

“Karena ada lalu lintas antar kota dan antar provinsi. Keluar masuk hewan ternak harus dicek dan diberikan surat jalan bahwa ternak yang diambil dari satu titik ke titik lain semua dalam keadaan aman, baik, sehat dan memenuhi syarat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo Eni Rustianingsih menjelaskan, kebutuhan sapi kurban di Sidoarjo per tahunnya mencapai 7.000 ekor. Sementara yang bisa disiapkan sekitar 2.000 ekor.

Menurut Eni, hal tersebut terjadi karena pada 2022 yang lalu ada kasus PMK. Maka 5.000 ekor sapi diambil dari kabupaten lain. Sedangkan tahun ini sudah ada 4.500 ekor hewan kurban yang siap dibawa ke Sidoarjo.

“Kebutuhan domba dan kambing di Sidoarjo mencapai 39.000 ekor domba dan 35.000 ekor kambing. Stoknya dipastikan aman,” ucapnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *