Gubernur Khofifah Berikan Bonus Atlet Peraih Medali di SEA Games 2023 Kamboja di Harkitnas

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Sukses Indonesia merebut 87 medali emas, 80 perak dan 109 perunggu di SEA Games 2023 Kamboja tidak lepas dari keberhasilan atlet Jawa Timur yang ikut menyumbang dengan raihan 25 medali emas, 19 perak dan 17 perunggu.

Seiring keberhasilan tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengucurkan bonus bagi atlet peraih medali di SEA Games 2023 Kamboja mencapai Rp6,5 miliar.

Total bonus Rp6,5 miliar tersebut, rinciannya peraih emas perorangan mendapat Rp75 juta, emas ganda Rp70 juta, dan emas beregu Rp60 juta.

Atlet selam putri Janis Rosalita yang meraih 3 medali emas dan 3 perak menjadi peraih bonus terbanyak, yakni Rp 360 juta.

BACA JUGA:

“Dari catatan yang sampai kepada saya dari 87 medali emas yang diperoleh Indonesia, 25 di antaranya adalah persembahan atlet-atlet Jatim. Ini artinya 30 persen kontribusi medali emas Indonesia dari Provinsi Jatim,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya pada upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (22/5/2023).

Khofifah mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan atlet Jatim. Khofifah berharap sukses ini bisa menjadi contoh bagi atlet-atlet muda asal Jatim lainnya.

“Saya dengan segala hormat mengucapkan terima kasih kepada semuanya. Atlet fin swimming Janis yang berhasil meraih tiga emas dan tiga perak ini sangat luar biasa. Mudah-mudahan terus menyemangati dan suksesnya para champion, para pahlawan olahraga, kontribusi atlet-atlet, pelatih, cabor dan KONI yang luar biasa dari Provinsi Jatim,” ujarnya.

Selain mendapat kucuran bonus, pada kesempatan tersebut seluruh atlet dan pelatih penerima medali mendapat apresiasi berupa lencana Jer Basuki Mawa Beya.

Khofifah memberikan bonus kepada perwakilan atlet, yaitu Janis Rosalita peraih tiga emas dan tiga perak dari cabor fin swimming atau renang kaki katak, lalu Lulut Gilang peraih emas cobor gulat, M Ashfiya peraih emas cabor voli pantai, Andrea Guntara peraih emas pada cabor hockey indoor, serta M Riyadh pelatih fin swimming.

Khofifah menjelaskan penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari masyarakat Jatim atas perjuangan para atlet untuk meraih prestasi tertinggi pada ajang SEA Games 2023.

“Saya bangga atlet-atlet Jatim menyumbang medali bagi Indonesia cukup signifikan dengan 25 emas, 19 perak dan 17 perunggu,” ucapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *