Universitas Ciputra Sumpah 19 Dokter Baru, Harapkan Dokter Mampu Memberikan Inovasi Sosial

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra (FK UC) Surabaya menyelenggarakan pengambilan sumpah dokter pertama tahun 2023 di Dian Auditorium lantai 7 Universitas Ciputra, Rabu (10/5/2023). Dengan sumpah dokter ini, 19 mahasiswa lulusan FK UC ini resmi menyandang predikat atau gelar sebagai dokter.

Para lulusan ini sebelumnya telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Nantinya, para lulusan ini harus menjalani program internship terlebih dahulu selama satu tahun sebelum memiliki hak untuk mengajukan surat izin praktik secara mandiri.

Dr. Hudi Winarso, dr., M.Kes., And.(K). menjelaskan untuk kegiatan internship, 40% dokter baru UC memilih penempatan di Indonesia timur.

BACA JUGA:

dokter1

Hudi menjelasan, FK UC mengedepankan Preventive in Medicine dan Entrepreneurship diharapkan mampu  memberikan pencegahan terhadap suatu penyakit dan bisa memberikan banyak dampak yang berupa inovasi disisi sosial.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi diupayakan tidak timbul penyakit yang lebih parah. Untuk sisi Entrepreneurship, diharapkan lulusan FK UC mampu memberikan inovasi. Inovasi disini adalah inovasi disisi sosial,” tutur Hudi.

dokter2

Ir. Yohannes Somawihardja, M.Sc., Rektor Universitas Ciputra dalam sambutannya mengharapkan dokter baru UC mampu menjadi dokter dengan kualitas IPE (Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship) yang merupakan nilai utama dari UC.

dokter3

Yosoma, panggilan akrab Rektor UC memaparkan pesan alm. Ir. Ciputra saat mencanangkan pendirian FK UC diharapkan untuk tiap dokter baru ini bisa menerapkan sisi entrepreneurship yang selalu peka terhadap kebutuhan, masalah yang ada di sekitar, kemudian memberikan solusi.

Yosoma menantang dokter baru untuk bisa menjadi pahlawan kesehatan yang bisa diandalkan masyarakat yang paling tidak berdaya. (mfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *