Berita Sidoarjo
PDIP, PKS dan Nasdem Daftarkan Berkas Bacaleg di KPU Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Partai Politik (Parpol) di Sidoarjo mulai mendaftarkan bakal calon legislatifnya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, Kamis (11/5/2023).

DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi parpol pertama yang menyerahkan daftar dan berkas Bacalegnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo, M. Iskak menerima dokumen pendaftaran dan persyaratan 50 Bacaleg PDIP Sidoarjo. “Bila dokumen persyaratan untuk pendaftaran sudah lengkap akan kami terima,” tutur Iskak.

Ia juga mengatakan, paska 11 hari dibukanya pendaftaran bacaleg, hari ini ada tiga Parpol yang menyerahkan dokumen persyaratan dan pendaftaran. Selain PDIP, ada PKS dan Nasdem.

BACA JUGA:

bacaleg sda1

“Jauh hari kami sudah berkomunikasi kepada seluruh parpol untuk tidak terlalu mepet menyerahkan dokumen pendaftaran bacaleg, karena batas akhir penyerahan 14 Mei. Hal itu agar jika ada kekurangan berkas dapat segera dilakukan perbaikan,” terang Iskak.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Sidoarjo Sumi Harsono mengatakan, jika partainya satu langkah lebih siap dibanding yang lain dalam mendaftarkan 50 Bacaleg nya.

“Kami merasa bersyukur atas kerja keras DPC PDIP Sidoarjo, tahapan pemilu yang diikuti, sejak awal PDIP lebih siap dan Insyaallah syarat yang ditentukan sudah dilengkapi,” tegas Sumi.

bacaleg sda 2

Dikatakannya, Bacaleg yang telah menyerahkan dokumen telah melalui proses penjaringan oleh tim internal partai yang sudah dilakukan jauh hari.

Soal target kursi dalam Pileg 2024 nanti, pihaknya memasang target 20% dari jumlah kursi di DPRD Sidoarjo. Saat ini jumlah wakil PDIP yang duduk di DPRD Kabupaten Sidoarjo berjumlah 9 kursi, namun ke depan jumlah yang ditargetkan minimal 16 kursi.

“Kami belajar dari pengalaman pileg 2019 kemarin. Selain wajib menang kami juga wajib memenangkan capres yang diusung PDIP yakni Ganjar Pranowo,” ungkap Sumi.

Sosok Ganjar dianggap sebagai dorongan kuat dan membawa dampak terhadap elektoral partai. “Selain menggerakkan seluruh elemen partai untuk menjemput kemenangan, kita juga bakal menggandeng sejumlah relawan Ganjar Pranowo yang ada di Sidoarjo,” imbuhnya.

Pendaftaran Bacaleg Parpol ini menjadi perhatian masyarakat, PDIP misalnya, dari kantor DPC menuju kantor KPU Jalan Cemengkalang, mereka mengarak bacaleg diiringi Reog Ponorogo. Begitu juga dengan PKS yang mengarak Bacalegnya dengan menaiki andong. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *