SEA Games 2023
Pembalap Sepeda Kakak Beradik dari Lumajang Raih Medali Emas SEA Games 2023

SURYAKABAR.com – Cabang olahraga balap sepeda kontingen Indonesia menambah medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Ini setelah kuartet pembalap Indonesia, Zaenal Fanani, Feri Yudoyono, Dara Latifah dan Sayu Bella Sukma Dewi tampil tercepat di nomor Cross Country Relay (XCR) Campuran di Phnom Kulen Siem Reap, Kamboja, Minggu (7/5/2023).

Ini merupakan medali emas ketiga dari cabor balap sepeda di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut.

Sebelumnya, dua medali emas cabor balap sepeda dipersembahkan Sayu Bella Sukma Dewi di nomor Cross Country (XCO) putri dan Feri Yudoyono di nomor XCO putra.

Bahkan, di nomor XCO putra Indonesia berhasil mendominasi. Feri Yudoyono tampil tercepat disusul Zaenal Fanani di urutan kedua dan Ihza Muhammad finis di posisi ketiga.

BACA JUGA:

Namun, di nomor ini Indonesia akhirnya hanya mendapat medali emas dan perak, sedang medali perunggu yang semestinya menjadi milik Ihza Muhammad harus diserahkan ke pembalap Kamboja Khim Menglong yang finis di posisi keempat.

Sesuai aturan SEA Games Federation (SEAGF) dalam satu perlombaan, satu negara tidak boleh sapu bersih medali.

Torehan medali emas ketiga ini cukup istimewa. Ini karena, dua dari empat pembalap yang turun di nomor XCR campuran, Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono merupakan kakak beradik asal Lumajang.

Kuartet pembalap Indonesia itu tampil tercepat dengan total catatan waktu 50 menit 11 detik. Tim Thailand yang diisi Keerati Sukprasart, Phunsiri Sirimongkhon, Supuksorn Nuntana, dan Warinthorn Phetpraphan, merebut perak usai finis kedua dengan catatan waktu 51 menit 44 detik.

Sedangkan medali perunggu, diraih Filipina dengan catatan waktu 52 menit 25 detik. Tim Filipina diperkuat Edmhel John Flores, Shagne Paula Yaoyao, Jericho Rivera, dan Ariana Evangelista.

Atas prestasi tersebut, Ketua Umum KONI Jatim, M Nabil mengucapkan selamat atas prestasi atlet balap sepeda Indonesia dan khususnya juga yang berasal dari Jatim.

Tim balap sepeda Indonesia mengirimkan 16 atlet ke SEA Games 2023. Mereka ditarget mendapatkan empat medali emas. Cabor balap sepeda memperebutkan sembilan medali emas. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *