Pra Porprov Jatim 2023
Futsal Putra Banyuwangi Tidak Ingin Kejadian Tuan Rumah Pra Porprov Jatim 2019, Tidak Lolos Terulang

BANYUWANGI, SURYAKABAR.com – ‘Tragedi’ 2019 belum sepenuhnya hilang dari ingatan pengiat futsal Kabupaten Banyuwangi. Ya, waktu itu Banyuwangi menjadi tuan rumah Pra Porprov Jatim VI 2019.

Keyakinan tinggi diusung untuk lolos ke Porprov Jatim 2019 yang digelar di Tuban. Apalagi, Banyuwangi tercatat sebagai perebut medali perak di Porprov Jatim 2015.

Berbekal sukses sebagai tim perebut medali perak pada Porprov Jatim 2015 sekaligus menjadi tuan rumah Pra Porprov 2019, wajar jika Banyuwangi optimistis lolos ke Porprov Jatim 2019.

Setelah menjalani laga Pra Porprov Jatim 2019, hasil di lapangan tidak seperti yang diharapkan. Futsal putra Banyuwangi harus mengubur impiannya tampil di Porprov Jatim 2019.

Ini setelah pada klasemen akhir, Banyuwangi menempati peringkat keempat dari enam tim yang berlaga di Banyuwangi. Banyuwangi tidak lolos ke Porprov Jatim 2019.

BACA JUGA:

Waktu itu juara Grup A direbut Bangkalan disusul Kabupaten Blitar sebagai runner up grup dan Sampang di peringkat ketiga.

Tiga tim itu yang lolos ke Porprov Jatim 2019 mewakili Grup A. Sampang lolos sebagai salah satu dari tiga tim peringkat ketiga terbaik.

Pada Porprov Jatim 2022, Banyuwangi kembali tidak lolos. Ini setelah pada Pra Porprov Jatim 2022, Banyuwangi finis di peringkat keempat Grup A Pra Porprov Jatim 2022 di Sidoarjo.

Saat ini Banyuwangi kembali dipercaya menjadi tuan rumah Grup B Pra Porprov Jatim 2023. Enam tim bertanding di Grup B yakni Banyuwangi, Bangkalan, Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Bondowoso dan Kota Batu.

Pengalaman pahit menjadi tuan rumah Pra Porprov dan tidak lolos, membuat Head Coach Futsal Putra Banyuwangi, Hadi ‘Iwan’ Purwanto lebih seksama menyiapkan tim menyambut Pra Porprov Jatim 2023.

“Sebagai pelatih, tentu kami tidak ingin Pra Porprov Jatim 2019 itu terulang. Untuk itu kami terus mempersiapkan tim agar permainannya lebih bagus lagi,” ujar Hadi ‘Iwan’ Purwanto kepada suryakabar.com, Jumat (21/4/2023).

Bahkan, Iwan menyebut tidak saja ingin meloloskan Banyuwangi ke Porprov Jatim 2023, lebih dari itu mantan pelatih Green Army di era Liga Futsal Amatir Jatim (LFAJ) itu bertekad membawa Banyuwangi sapu bersih poin di Pra Porprov Jatim 2023.

“Kekuatan tim-tim di Grup B ini hampir sama. Beberapa tim seperti Kabupaten Pasuruan dan Bangkalan kami sedikit banyak tau kekuatannya. Termasuk kualitas pemain-pemain mereka yang ikut seleksi pemain di Pra PON belum lama ini, kami juga sempat melihat permainannya,” urainya.

Pra Porprov Jaim 2023 di Banyuwangi akan digelar 15-19 Mei 2023. Sisa waktu yang ada Iwan akan memanfaatkan untuk mengasah finishing dan mental tanding pemain.

“Hasil evaluasi kami setelah ikut turnamen kategori umum Scudetto belum lama ini, finishing dan mental tanding yang harus kami benahi,” tandasnya. (es)     

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *