Berita Sidoarjo
Wisata Telaga Dadakan Bekas Galian Pasir di Krembung Sidoarjo, Jadi Lokasi Ngabuburit

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kabupaten Sidoarjo tidak memiliki banyak destinasi wisata selain Pulau Lumpur dan beberapa Candi. Namun, belakangan ini muncul wisata baru mirip danau di Dusun Awar-Awar, Desa Tambakrejo, Kecamatan Krembung.

Menurut warga sekitar, wisata yang diberi nama Wisata Buaya Dua Musim ini baru dibuka sekitar tiga bulan yang lalu.

“Awalnya sini dulu sempat ada buaya dan tambang pasir. Nah, saat musim hujan seperti sekarang ini, kubangan tersebut terisi air sehingga mirip danau,” terang Supriyadi, warga Dusun Awar-Awar, Minggu (9/4/2023).

Ia menambahkan, karena musim hujan kali ini lebih panjang, warga kemudian berinisiatif mendatangkan perahu di lokasi ini. “Sejak diunggah di media sosial kemudian viral dan menjadi wisata alternatif di Sidoarjo,” ucapnya.

BACA JUGA:

telaga1

Saat Ramadhan seperti saat ini, wisata ini menjadi tempat ngabuburit atau menghabiskan waktu sambil menunggu saatnya buka puasa.

“Ratusan orang tiap sore datang ke sini. Tiga perahu yang ada tidak pernah berhenti melayani pengunjung. Murah kok hanya lima ribu rupiah keliling tiga kali. Agar aman semua penumpang dikasih pelampung,” imbuhnya.

Heru, warga Dusun Awar-Awar yang lain mengungkapkan, adanya wisata di kampungnya tentu saja membuat dusunnya menjadi ramai. “Warga sekitar banyak merasakan berkah dengan berjualan makanan dan minuman,” jelasnya.

Namun ia menyayangkan, wisata ini hanya ada di musim penghujan. “Kalau musim kemarau airnya ya habis, sehingga hanya terlibat kubangan saja,” katanya.

Salah satu wisatawan Arif, warga Desa Kesambi, Kecamatan Porong mengaku cukup terhibur dengan wisata ini. “Meskipun dekat, baru kali ini saya ke sini. Lumayan bisa berperahu dengan tarif murah, aman berpelampung serta pemandangan gunung yang indah di selatan,” ucapnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *