BI Malang Siapkan Rp 4,64 Triliun untuk Layanan Penukaran Uang Baru

MALANG, SURYAKABAR.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang bekerja sama dengan perbankan menyiapkan layanan penukaran uang kepada masyarakat pada bulan suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1444 H.

Layanan penukaran uang ini dimulai 27 Maret 2023 sampai 19 April 2023 di 109 titik lokasi yang tersebar di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo.

Jumlah uang yang disiapkan Rp4,64 triliun, naik 10,47% dibanding 2022 sebesar Rp4,20 Triliun, dengan rincian Uang Pecahan Besar (UPB) sebesar Rp3,93 Triliun atau naik sebesar 8,5% dari realisasi 2022 sebesar Rp3,62 triliun, dan Uang Pecahan Kecil (UPK) sebesar Rp0,71 triliun atau naik 22,4% dari realisasi 2022 sebesar Rp0,58 triliun.

Proyeksi kenaikan tersebut mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat.

BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Rencana layanan penukaran uang yang disiapkan Bank Indonesia Malang pada tahun ini terdiri dari:

1.Layanan Kas Keliling

Jadwal Kas keliling retail dan wholesale akan dipublikasikan melalui media sosial Bank Indonesia Malang. Masyarakat yang akan melakukan penukaran melalui kas keliling diimbau melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR.

2. Layanan Penukaran Bersama Perbankan

BI bersama dengan 8 bank umum akan melaksanakan penukaran uang secaa bersama di Gedung Kartini pada 8 – 13 April 2023 dengan target 1.600 penukar setiap hari. Penukaran akan menggunakan scan KTP, dimana selama periode penukaran satu KTP hanya diperbolehkan melakukan penukaran sebanyak satu kali dengan nominal maksimal sebesar Rp3,7 juta.

3. Layanan Penukaran di Outlet Perbankan

Penukaran melalui outlet perbankan akan dilayani 31 bank dengan jumlah titik layanan sebanyak 109 outlet (bertambah 9 outlet dari tahun lalu) yang tersebar di seluruh wilayah kerja KPw BI Malang. Layanan penukaran pada outlet perbankan berlangsung 10-19 April 2023 (hari kerja) dengan pembagian layanan 54 outlet pada 10 – 13 April 2023 dan 55 outlet pada 14 – 19 April 2023.

Dalam Kick-off SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah IdulFitri) 2023, Kepala Perwakilan BI Malang Samsun Hadi menyampaikan tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya, yakni pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah penyiapan infrastruktur yang handal.

Lebih lanjut dia mengajak masyarakat untuk selalu “Cinta, Bangga, Paham Rupiah” yang ditunjukkan dengan cara merawat Uang Rupiah, bangga menggunakan Uang Rupiah, dan Paham Rupiah dengan berbelanja secara bijak yang selaras dengan tema SERAMBI pada Ramadhan/Idul Fitri yakni “Serambi Rupiah Ramadhan : Belanja Bijak”.

Guna mendorong kelancaran sistem pembayaran, BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya penggunaan QRIS, memperluas kepesertaan BI-FAST, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *