Napi Rutan Perempuan Surabaya Isi Ramadhan dengan Berbagai Kegiatan Keagamaan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Aneka kegiatan keagamaan dilakukan warga untuk mengisi bulan Ramadhan, tak terkecuali warga binaan atau narapidana Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya di Porong Sidoarjo.

Salah satu kegiatannya adalah tadarusan Al Quran yang digelar di Masjid Al Insyiroh. Dalam masjid di kompleks rutan ini, belasan narapidana perempuan duduk melingkar membaca ayat suci Al Quran bergantian.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Putri Rahmawati Herlambang mengatakan, tadarus rutin digelar setiap Ramadhan.

“Tadarus dibagi dua gelombang. Warga binaan yang mengikuti tadarus di masjid bergantian sedangkan mereka yang berada di kamar menggelar tadarus secara mandiri,” tuturnya, Senin (27/3/2023).

Ia mengatakan, pihaknya mempunyai kewajiban untuk melakukan pembinaan kepada semua warga binaan.

“Di bulan Ramadhan ini, selain tadarus kami juga menggelar tarawih dengan imam dari lembaga luar rutan. Siraman rohani, belajar menulis dan membaca Al Quran kami gelar di hari Senin, Selasa serta Sabtu,” terangnya.

Putri melanjutkan, jadwal sahur dilaksanakan sekitar pukul 02.00 WIB, sedangkan buka puasa digelar di blok masing-masing.

“Dengan aneka kegiatan ini diharapkan warga binaan bisa pulih secara batin dengan merenungi perbuatannya dan tidak mengulanginya lagi,” imbuh Putri.

Sementara itu salah satu napi dengan inisial H (40) warga Kecamatan Taman Sidoarjo mengatakan, dirinya sangat senang mengikuti kegiatan agama seperti yang dilakoninya selama Ramadhan ini.

“Sangat menentramkan, ayem di hati, karena di sini saya jauh dengan keluarga. Dengan tadarus bersama seperti ini rasanya seperti di kampung halaman,” kenang H. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *