Berita Sidoarjo
Berkah Ramadhan, Seniman Kaligrafi Sidoarjo Banjir Pesanan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Bulan Ramadhan mendatangkan berkah banyak orang. Tak terkecuali bagi seniman kaligrafi, Hamid Lutfi (53) warga Jalan Arumdalu, Desa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono yang kebanjiran pesanan.

Seperti sebelumnya, pesanan kaligrafi banyak datang dari instansi maupun pribadi. Namun yang paling banyak pesanan datang dari pihak ke dua yang akan menjual lagi kaligrafi karya Hamid.

“Biasanya di tengah bulan Ramadhan pesanan banyak, sehingga saya harus sedia stok sebelumnya,” tuturnya, Minggu (26/3/2023).

BACA JUGA:

Hamid mengatakan, memulai usaha kaligrafi sekitar 2.000. Beberapa bentuk karyanya seperti lukisan timbul relief serta kaligrafi relief. Mulai dari cetak mal relief kaligrafi dari lilin dan fiberglas hingga pewarnaan sekaligus membingkai ia lakukan sendirian.

Hamid mematok karyanya mulai Rp 1 juta hingga Rp 4,5 juta tergantung ukuran serta kerumitan. “Kalau pigoranya diberi lampu dan suara tentu lebih mahal lagi,” terangnya.

Hamid bercerita, pada masa pandemi menjadi masa tersulit usahanya, karena semua orang lebih mengutamakan kebutuhan pangan ketimbang seni.

“Masa itu sangat berat, namun Alhamdulillah sekarang berangsur membaik. Dengan diikutkan di pameran, order banyak datang,” ucapnya.

Ia mengenang, sebelum memulai usahanya ia sempat gamang menentukan pilihan seni yang akan digelutinya. “Kemudian saya memantapkan hati menekuni seni kaligrafi. Melalui kaligrafi saya bisa syiar agama Islam,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *