Tetap Bugar di Bulan Ramadhan, Ini Tips dr Andre Yulius

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pada Bulan Ramadhan khususnya di awal puasa, seringkali tubuh menjadi lemas. Namun ada tips agar tubuh tetap bugar seperti yang diutarakan dr Andre Yulius.

Pemilik Andre Medical Centre (AMC) Group ini mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah saat sahur harus makan nasi agar kebutuhan karbohidrat terpenuhi selama menjalankan puasa.

“Terkadang dengan alasan tertentu malas makan nasi atau bahkan malah tidak sahur dengan alasan kuat menjalani puasa. Nah ini yang harus dihindari agar tubuh tidak lemas,” tuturnya saat ditemui di Klinik AMC Perumahan Kahuripan Nirwana Village, Kamis (23/3/2023) siang.

julius1

Hal yang kedua adalah konsumsi air yang cukup. “Sediakan air minum minimal 2,5 liter yang bisa dikonsumsi tiga kali meliputi saat sahur, buka puasa dan malam hari. Hal itu untuk menghindari terjadinya dehidrasi,” terangnya.

Hal lain yang penting adalah pemenuhan karbohidrat, serat dan protein tang cukup saat sahur maupun buka puasa. “Kalau istilah umumnya menu yang seimbang dengan gizi cukup juga disertai konsumsi buah,” jelas pria yang aktif dalam kegiatan sosial ini.

Menurutnya, bagi yang tidak memiliki kencing manis sangat bagus untuk meminum madu atau sari kurma. Begitu juga dengan kebutuhan olahraga. “Meskipun puasa, olahraga bisa tetap dilakukan namun hanya olahraga ringan saja seperti senam atau joging sebelum sahur maupun menjelang waktu berbuka,” imbuhnya.

Ia mengimbau agar puasa diawali dengan niat dan ikhlas agar terasa ringan serta mendapat berkah ketika menjalaninya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *