East Futsal League 2023
Ini Jadwal Pekan Pertama East Futsal League 2023, Simak Ada Kemiripan EFL 2023 dengan LFAJ 10 Tahun Lalu

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kick off East Futsal League (EFL) 2023 akan dilakukan di Nisrina Futsal Center, Minggu (12/2/2023).

Laga pembuka EFL 2023 akan menyuguhkan derby Madura Raya, Panjura FC Pamekasan menghadapi Sinjay FC Bangkalan.

Sinjay FC lebih berpengalaman tampil di level Jawa Timur, namun futsal Pamekasan belakang ini menunjukkan perkembangan yang bagus. Ini yang membuat laga diprediksi bakal ketat.

Pada laga kedua, tim bertabur pemain bintang Pemuda Pancasila (PP) FC akan menghadapi Sekolah Futsal Surabaya (SFS).

Laga ini akan diwarnai kecerdikan dua arsitek tim yang sama-sama ikut membesarkan SFS, Rizky Febrianto (PP FC) dan Anugrah Zulfitrah yang setia berada di SFS.

BACA JUGA:

PP FC maupun SFS merupakan tim peserta Liga Futsal Surabaya. Keduanya sudah sering bertemu di kompetisi tertinggi Asosiasi Futsal Kota Surabaya.

Pada EFL 2023, PP FC layak menempati tim unggulan, karena banyaknya pemain berpengalaman diboyong PP FC. Di antaranya, M Muzaky, Alif Rachwanda, Marcel Ayala, Sigit Joko Pamungkas, Amirul Mukminin. Mereka pemain yang kenyang pengalaman di Liga Futsal Nusantara dan juga pernah tampil di Porprov Jatim.

Ikut bergabung di PP FC yakni mantan pemain Bintang Timur Surabaya U-20, M Fadhil dan pemain Meta Futsal Andik Trisminarko.

Sementara pada pertandingan ketiga akan mempertemukan dua tim pendatang baru, Surya Kabar FC meladeni Blue Eagle Sidoarjo. Dua tim yang sama-sama minim pengalaman.

Di laga terakhir akan menyuguhkan bigmatch klasik Kota Surabaya, Nisrina FC melawan Al Ahly FC. Dua tim sama-sama dipoles pelatih yang membawwa futsal Kota Surabaya dua kali merebut medali emas Porprov Jatim. Ambar Supriyanto (Nisrina FC), Ali Al Hamid (Al Ahly).

Kedua tim juga sama-sama didukung pemain berpengalaman dan sudah lama berkumpul. Seperti halnya Sinjay FC yang pemainnya juga sudah lama menyatu. Itu yang akan membedakan team work mereka bakal lebih rapi dibanding tim lain.

EFL 2023 diikuti delapan tim menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi. Hadirnya EFL 2023, sedikit mengobati kerinduan pada Liga Futsal Amatir Jatim (LFAJ) yang bergulir 10 tahun lalu. LFAJ merupakan liga paling bergengsi di Jawa Timur saat itu.

Ada sedikit kemiripan, EFL 2023 dengan LFAJ. Pesertanya tidak hanya dari Surabaya saja, namun juga dari beberapa kota di luar Surabaya.

Regulasi usia pemain juga hampir mirip. LFAJ tanpa batas usia, sementara usia pemain di EFL 2023 antara 18 tahun hingga 25 tahun.

Ini yang membuat pemain-pemain yang nyaris kehilangan kesempatan tampil di liga, karena faktor U (usia), tetap bisa eksis berkompetisi karena bergulirnya EFL 2023.

Bahkan, operator EFL 2023 membolehkan jika ada tim peserta yang merekrut pemain Liga Futsal Profesional atau mantan pemain Liga Pro. Asalkan, pemain tersebut usianya tidak lebih 25 tahun. (es)    

JADWAL PERTANDINGAN PEKAN I
MINGGU, 12 FEBRUARI 2023
12.00 – Panjura FC Vs Sinjay FC
13.00 – PP FC Vs SFS
14.00 – Surya Kabar FC Vs Blue Eagle
15.00 – Nisrina FC Vs Al Ahly FC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *