Berita Malang
Momen Satu Abad NU, Anggota DPR RI Hasanuddin Wahid Sholawatan Bareng Warga Bululawang Kabupaten Malang

MALANG, SURYAKABAR.com – Warga Bululawang, Kabupaten Malang bersholawat bareng memperingati Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). Anggota DPR RI Fraksi PKB Dapil Malang Raya Hasanuddin Wahid atau yang biasa disapa Cak Udin memfasilitasi dan terlibat bersama warga Bululawang dalam acara tersebut.

Cak Udin menyebutkan, usia NU yang menginjak 100 tahun ini perlu dirayakan. Hari lahir yang ke-100 NU menjadi spirit baru dalam berorganisasi, beragama, berbangsa dan bernegara.

Menurut Cak Udin, NU berperan aktif mengawal implementasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan masyarakat. NU memiliki paham keagamaan yang tawasuth (moderat), tasamuh (tolerans), tawazun (seimbang) dan amar ma’ruf nahi munkar.

“Dengan doktrin yang demikian, NU senantiasa berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan manusia,” ujarnya.

BACA JUGA:

NU telah hadir menjaga NKRI, merawat jagad dan membangun peradaban. NU menjadi titik tumpu dalam menjalani aktivitas sosial keagamaan.

“Sebab itu ini adalah momen refleksi dan syukuran kemenangan kita di Satu Abad NU di mana kader-kader NU telah tersebar di seluruh dunia,” tegasnya.

Cak Udin menjelaskan, kegiatan memperingati Satu Abad NU sesuai instruksi Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar kepada struktur dan kader PKB untuk melaksanakan berbagai bentuk kegiatan, khususnya doa bersama serta syukuran Satu Abad NU yang pada 16 Rajab 1444 H atau bertepatan dengan 7 Februari 2023 resmi menginjak usia 100 tahun.

Nahdlatul Ulama (NU) didirikan 16 Rajab 1344 H atau bertepatan pada 31 Januari 1926. Tahun ini NU memasuki usia 100 tahun atau satu abad.

Perayaan hari lahir (Harlah) Satu Abad NU mengusung tema Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru. Puncak perayaan diselenggarakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023). (abs)

10 TITIK PENGAJIAN SERENTAK YANG DIGELAR CAK UDIN

1. Turen: pengajian dan istighosah
2. Bantur: pengajian
3. Sumber Pucung: istighosah dan pertunjukan kesenian kuda lumping
4. Pakis: pengajian dan kesenian sakera
5. Bululawang: sholawatan
6. Pujon: pengajian dan istighosah
7. Jabung: sholawatan dan pengajian
8. Kedungkandang: pengajian dan istighosah
9. Sukun: pengajian dan istighosah
10. Lowokwaru: istighosah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *