Melihat Ramainya PKL Holiday Street Market di Eks Tol Jabon Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Holiday Street Market di Sidoarjo selain di Jalan Raya Ponti, Taman Pinang Indah dan Gading Fajar, juga ada di eks tol Desa Besuki, Kecamatan Jabon.

Setiap Minggu pagi hingga sekitar jam 10.00 WIB, jalan yang dikenal dengan Tol HK ini dipenuhi ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan ribuan pengunjung.

Para PKL tidak hanya berasal dari warga sekitar Kecamatan Jabon saja, namun juga berasal dari Bangil dan Pandaan Pasuruan. Begitu juga para pengunjung.

Di tempat ini, segala keperluan ada. Mulai dari bumbu dapur, pakaian, peralatan rumah tangga, bunga hingga permainan anak.

Tentu dengan harga yang jauh lebih murah dari harga toko dan sekaligus bisa ditawar. Untuk penggemar kuliner, di sini tersedia beragam pilihan, mulai dari gorengan seharga seribu hingga pizza seharga Rp 10 ribu.

BACA JUGA:

Ratna salah satu pengunjung misalnya, ia terlihat bersemangat memilih baju yang tertata rapi di gantungan. Ia memilih atasan motif kotak-kotak dan mencobanya. Sebentar kemudian lalu ia tersenyum.

“Ini yang saja cari, murah lho cuma Rp 45 ribu. Padahal, kalau di toko pasti lebih dari Rp 100 ribu. Di sini kalau kita sabar dan teliti bisa mendapat baju yang berkualitas,” tutur warga Desa Kenongo, Kecamatan Tulangan, Minggu (11/12/2022).

pkl1

Ia mengatakan, bukan kali ini saja dirinya berbelanja di sini, menjelang Idul Fitri lalu ia juga berbelanja beberapa baju.

Suranto dan Suharmini, pasutri warga Desa Kalitengah Tanggulangin mengaku hampir setiap Minggu pagi berkunjung ke Tol HK.

“Saya selalu mengajak tole (anaknya) ke sini. Banyak sekali permainan, tinggal pilih. Istri saya juga sering berbelanja peraralatan dan bumbu dapur,” ucap Suranto.

Jefri Kurniawan salah satu pedagang pakaian asal Pandaan Pasuruan mengaku, penghasilan berdagang di pasar Minggu pagi lumayan. “Ya untung bersihnya bisa ratusan ribu. Lumayan buat tambahan,” ujar pegawai swasta di Bangil ini.

Mustohid, warga Desa Balongtani, Kecamatan Jabon mengatakan, sudah sekitar tiga tahun ini Tol HK digunakan PKL berjualan.

“Saat pandemi sempat terhenti, namun kini mulai lagi dengan jumlah pedagang lebih banyak lagi. Ya ini baguslah, teman teman juga bisa berjualan dan menambah penghasilan setiap Minggu,” katanya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *