1.000 Pelari Tampil di Tidar Vertical Run 2022 Finish di Puncak Gunung Tidar, Ini Daftar Juaranya

MAGELANG, SURYAKABAR.com – Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta memberangkatkan peserta Tidar Vertical Run 2022, Minggu (11/12/2022) pagi. Sekitar 1000 pelari dari Magelang dan sekitarnya berlomba mencapai puncak Gunung Tidar dengan menaiki hampir seribu anak tangga.

Vertical Run adalah olahraga lari dengan anak tangga sebagai medannya. Olahraga penuh tantangan ini memiliki kesulitan lebih tinggi dibanding lari pada umumnya. Dengan berlari melalui anak tangga, beban pada kaki akan menjadi dua kali lebih berat.

Vertical Run ini merupakan event yang digelar Kemenpora bekerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Magelang dan Pemkot Magelang.

Event ini ada dua kategori yaitu kategori pelajar (SD, SMP dan SMA) yang menempuh jarak 7, 7 km dan kategori umum 8,5 km. Sekitar 700 pelajar dan 300 masyarakat umum turut meramaikan event ini.

Juara kategori umum adalah Imroatul Carifah (Umum Putri) dan Eksar Gamashi (Umum Putra). Sedangkan juara kategori pelajar, Riefky Satrio W (SMA Putra), Rifasari Anggraeni (SMA Putri),  Sahrul Rama (SMP Putra), Athaya Aurelia (SMP Putri), Muhammad Rama (SD Putra) dan Adinta Haura (SD Putri).

BACA JUGA:

“Vertical Run ini menjadi event luar biasa. Peserta berlomba berlari dan menaiki tangga untuk mencapai puncak Gunung Tidar. Di sana terdapat monumen Persatuan Bangsa,” kata Raden Isnanta.

“Monumen tersebut merupakan lambang persatuan, seperti halnya event ini yang mampu menyatukan banyak orang untuk berolahraga bersama, menuju sehat dan bugar,” tambahnya.

Tujuan event ini untuk mengenalkan olahraga lari kepada masyarakat yang lebih luas. Juga sebagai ajang promosi pariwisata Kota Magelang.

Potensi sport tourism di Kota Magelang cukup besar mengingat daerah ini memiliki berbagai destinasi wisata alam yang bisa menjadi lokasi untuk berbagai event olahraga.

Seperti yang disampaikan Kadispora Kota Magelang, Sarwo Imam Santoso. “Kota Magelang memiliki banyak potensi destinasi wisata untuk sport tourism. Kota Magelang punya sport center, GOR, dan area-area olahraga. Sebagai contoh, sambil berolahraga di sebelah barat GOR bisa melihat view gunung,” ujar Sarwo.

Ketua PASI Kota Magelang, Arif Taat Pujiyanto berharap event ini dapat memasalkan olahraga atletik kepada masyarakat. Selain itu, dengan jumlah peserta yang sebagian besar pelajar, diharapkan mampu memunculkan bibit-bibit atlet yang potensial. (*)

DAFTAR JUARA TIDAR VERTICAL RUN 2022
KATEGORI UMUM
Imroatul Carifah (Umum Putri)
Eksar Gamashi (Umum Putra)

KATEGORI PELAJAR
Riefky Satrio W (SMA Putra)
Rifasari Anggraeni (SMA Putri)
Sahrul Rama (SMP Putra)
Athaya Aurelia (SMP Putri)
Muhammad Rama (SD Putra)
Adinta Haura (SD Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *