Hasil Ekuador Vs Senegal, Senegal Raih Kemenangan, Lolos 16 Besar Dampingi Belanda

SURYAKABAR.com – Senegal menjadi tim kelima yang lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar. Kepastian itu menyusul kemenangan Senegal 2-1 atas Ekuador di babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Selasa (29/11/2022) malam WIB. 

Empat tim yang lebih dulu lolos ke 16 Besar yakni juara bertahan Prancis, Brasil, Portugal dan Belanda.

Senegal lolos ke 16 Besar sebagai runner up Grup A mengumpulkan enam poin hasil dua kali menang dan satu kali kalah.

Satu kemenangan lainnya dipetik Senegal saat membekuk tuan rumah Qatar, 3-1 dan menelan kekalahan saat dibekuk Belanda, 0-2. Di babak 16 Besar Senegal akan menghadapi juara Grup B yang ditempati Inggris, Iran, Amerika Serikat dan Wales.

Juara Grup A disabet Belanda yang pada laga bersamaan menang 2-0 atas tuan rumah Qatar. Belanda mengoleksi tujuh poin.

BACA JUGA:

Laga Ekuador kontra Senegal berjalan ketat. Pada laga ini Ekuador hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke 16 Besar. Ini karena, saat laga belum dimulai, Ekuador mengumpulkan empat poin sedang Senegal tiga poin.

Serangan silih berganti dilakukan kedua tim. Namun, hingga menjelang babak pertama berakhir kedua tim kesulitan mencetak gol.

Petaka terjadi bagi Ekuador menit 44, menyusul pelanggaran keras dilakukan Piero Hincapie yang menjatuhkan Ismaila Sarr di dalam kotak penalti. Wasit Clement Turpin dari Perancis menunjuk titik penalti.

Ismaila yang dipercaya menjadi algojo tendangan penalti tidak menyia-nyiakan peluang emas tersebut. Tendangan pemain klub Liga Inggris Watford itu gagal diantisipasi kiper Hernan Galindez. Keunggulan Senegal 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Mengawali babak kedua Ekuador lebih banyak menekan untuk menyamakan kedudukan. Upaya itu membuahkan gol menit 67 dari Moises Caicedo, setelah terjadi tendangan penjuru.

Hanya berselang tiga menit, Senegal kembali membalikkan keadaan untuk unggul 2-1, lewat gol yang dicetak pemain Chelsea, Kalidou Koulibaly.

Meski lebih banyak menekan di sisa waktu pertandingan, namun usaha Ekuador untuk menyamakan kedudukan menemui kebuntuan hingga laga berakhir. Buntut kekalahan ini Ekuador bersama tuan rumah Qatar gagal menembus 16 Besar.  (es) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *