IKA Unair Gelar Baksos Ojol Perempuan di Sidoarjo untuk Peringati Usia Emas

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kolaborasi Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair), Pemkab Sidoarjo, dan Muslimat NU Sidoarjo dalam rangka bakti sosial (baksos) untuk Ojol perempuan Sidoarjo dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (8/11/2022).

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor yang juga Alumni Unair memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan baksos IKA Unair. Ia berharap kegiatan semacam ini lebih diperbanyak lagi. “Kami bangga kegiatan baksos IKA Unair, semoga kedepannya akan terus berlangsung,” ucapnya.

Gus Muhdlor mengatakan, fenomena Ojol perempuan menjadi bagian dari emansipasi perempuan. Namun disadarinya menjadi Ojol perempuan merupakan suatu keterpaksaan karena keadaan. Ia yakin tidak ada perempuan yang benar-benar menikmati pekerjaan sebagai Ojol yang penuh risiko di jalan raya.

“Sebenarnya saya kurang berkenan dengan pekerjaan Ojol perempuan. Risiko dan bahaya menjadi Ojol perempuan di jalan itu sangat besar. Kedepannya, akan kita pikirkan untuk membuat program atau gerakan untuk pembinaan dan pemberdayaan perempuan,” sampainya.

BACA JUGA:

alumni1

Sementara panitia baksos IKA Unair, mengharapkan kegiatan baksos yakni pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis lebih berkesinambungan.

Kegiatan bertemakan “Sehat Jasmani dan Rohani Ojol Perempuan Sidoarjo” menghadirkan 130 orang yang ber KTP Sidoarjo dan masih aktif menjalankan pekerjaannya sebagai Ojol.

Adanya kegiatan kali ini ia berharap para Ojol perempuan yang berada di Sidoarjo tetap semangat. Menurutnya kegigihan dan perjuangan perempuan yang berprofesi seperti itu tidak lain untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera dan mandiri.

“Baksos IKA Unair ini merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan IKA Unair Emas. Selanjutnya untuk program pembinaan Ojol perempuan ini tidak bisa kami lakukan sendiri. Kami akan bekerjasama dengan kepala OPD di Kabupaten Sidoarjo dan dukungan Bupati Sidoarjo,” ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur DR. Alwi, yang juga Ketua IKA Unair berharap dengan bertambahnya usia IKA Unair ini akan semakin memacu semangat berkarya untuk nusa dan bangsa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *