Francesco Bagnaia Kawinkan Gelar Juara Dunia MotoGP 2022 Pebalap dan Pabrikan Asal Italia

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia menjadi juara dunia MotoGP 2022 setelah seri pamungkas di sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Minggu (6/11/2022) malam.

Meskipun finish di posisi kesembilan, poin yang diraih Pecco, panggilan Francesco Bagnaia tak terkejar saingan utamanya pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo yang finish di posisi ke empat. Bagnaia menjadi juara dunia dengan meraih 265 poin, unggul 17 poin dari runner up Quartararo.

Seiring kemenangan ini, Pecco menjadi pebalap kedua Ducati yang mampu menjadi juara dunia setelah Cassey Stoner meraihnya di 2007 dan sekaligus menjadi pebalap Italia kedua yang merengkuh juara dunia setelah Valentino Rossi di 2009.

BACA JUGA:

bagnaia1

Pemenang balapan seri pamungkas MotoGP Valencia adalah Alex Rins (Suzuki Ecstar) disusul Bard Binder (Red Bull KTM) dan Jorge Martin (Pramac Ducati Racing).

Menurut catatan resmi MotoGP, Bagnaia mampu menyamai capaian Giacomo Agostini pada 1966-1972, yaitu menjadi juara dunia kelas utama (saat itu GP 500cc) dengan motor pabrikan dari Italia MV Agusta.

Setelah Agostini, hanya ada tiga juara dunia dari Italia di kelas utama. Itupun memakai motor pabrikan dari Jepang. Mereka adalah Marco Lucchinelli (Suzuki), Franco Uncini (Suzuki) dan Valentino Rossi (Honda dan Yamaha).

Dengan demikian, Bagnaia mampu meraih All Italian sebagai juara dunia sekaligus motor pabrikan buatan Italia setelah 50 tahun. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *