Desa di Trenggalek ini Raih Juara Harapan 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

TRENGGALEK, SURYAKABAR.com – Desa Wisata Watukandang Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek meraih juara harapan 1 kategori Desa Wisata Berkembang pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 yang digelar di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta, Minggu (30/10/2022) malam.

Trofi juara harapan 1 tersebut diterima Ketua Pokdarwis Arum Dewi Pulosari, Ririn Setyo Widiastuti. Penganugerahan desa wisata ini diberikan Kemenparekraf sebagai wujud apresiasi atas keberhasilan pengembangan desa wisata berkelanjutan dan berdaya saing.

“Saya sangat bersyukur mewaikli masyarakat Trenggalek juga Desa Pandean, Kecamatan Dongko. Ini adalah momentum dimana kami baru satu setengah tahun sudah bisa meraih penghargaan ini. Mudah-mudahan kedepan Trenggalek bisa lebih baik lagi prestasinya,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin yang turut hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut mengatakan, penghargaan ini membuat daerah yang dipimpinnya semakin bersemangat mengembangkan sektor pariwisata.

BACA JUGA:

trenggalek1

“Saya berterimakasih pertama kepada kementerian bahwa wisata berbasis komunitas yang ada di desa yaitu desa wisata ini kedepan bisa menjadi primadona tujuan wisatawan di Indonesia,” tegasnya.

Mas Ipin, panggilan akrab Bupati Trenggalek ini menambahkan, kalau dulu Trenggalek hanya terkenal dengan destinasi wisata seperti Pantai Prigi, maka sekarang desa wisata ini mulai terangkat levelnya ke tingkat nasional bahkan mungkin internasional.

“Ini sesuai value dan misi Kabupaten Trenggalek yang ingin mengangkat pendapatan warga dan nantinya diharapkan ada multiplier effect melalui desa wisata ini,” terangnya.

Ia melanjutkan, penghargaan ini sekaligus obat bagi masyarakat Trenggalek yang beberapa waktu lalu mendapat cobaan berupa bencana.

“Capaian ini sangat membanggakan dan mengobati duka kita, meskipun PR nya tetap besar kedepannya agar wisata desa ini tetap eksis dan berkembang,” jelasnya.

Mas Ipin berharap, nantinya bukan sekadar desa wisata saja yang berkembang, namun wisata yang lain juga. “Karena mimpi kita tidak hanya Pandean saja yang berkembang, namun desa lain di Trenggalek juga ikut berkembang, sehingga natinya bisa menjadi kabupaten yang komplet dan nantinya wisatawan mau berkunjung ke sini,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *