TP PKK Kabupaten Sidoarjo Bantu Pulihkan Psikis Anak-anak Korban Puting Beliung

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Lebih 600 rumah di Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo rusak diterjang angin puting beliung, Minggu (23/10/2022). 

Hal tersebut tentu saja membuat sedih bahkan trauma bagi para korban khususnya anak-anak.

Untuk mengurangi trauma tersebut, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sidoarjo Sa’adah Ahmad Muhdlor bersama pengurus menemui anak-anak di posko pengungsian Dusun Mlaten, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, Rabu (26/10/2022).

Dusun ini paling parah terdampak terjangan angin puting beliung. Mushola wakaf As-Sakib yang menjadi tempat para pengungsi menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Ning Sasha, sapaan akrab istri Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor ini.

Ning Sasha membagikan snack dan alat tulis kepada anak-anak. Tidak hanya itu, ia bersama anggotanya juga memberikan pemulihan kondisi psikologi anak-anak. Anak-anak diajaknya bermain untuk dapat melupakan musibah yang dialaminya.

Ning Sasha mengatakan, kedatangannya sebagai bentuk perhatian dan kepedulian TP PKK Kabupaten Sidoarjo kepada korban bencana alam. Ia datang untuk menghibur anak-anak korban bencana. Menurutnya memulihkan psikis anak-anak agar tidak trauma juga menjadi hal penting untuk dilakukan.

Tidak hanya itu lanjut Ning Sasha, kedatangannya juga untuk mengetahui bantuan yang dibutuhkan warga namun masih belum terpenuhi. Seperti pampers. Nantinya bantuan yang belum tercover seperti ini akan ia penuhi. Saat ini ia sudah menghimpun donasi dari anggotanya. Dari donasi tersebut akan ia belanjakan barang kebutuhan yang belum tercover bantuan.

“Kunjungan kita juga untuk memetakan bantuan apa yang belum tercover, khususnya bantuan yang urgent seperti pampers bagi anak-anak,” ucapnya.

Ning Sasha juga memuji posko dapur umum yang didirikan Pemkab Sidoarjo. Para relawan sigap dan tanggap memenuhi kebutuhan makanan para korban.

Posko dapur umum tersebut setiap hari menyediakan 3 ribu bungkus makanan. Nasi bungkus itu dibagikan tiga kali untuk makan pagi, siang dan malam. Seribu bungkus setiap kali pembagian dengan menu makanan yang berbeda.

“Alhamdulillah saat meninjau dapur umum, relawannya begitu sigap, tanggap untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari korban bencana angin puting beliung, ini sangat bagus sekali,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu ia meminta korban bencana untuk bersabar. Ia yakinkan Pemkab Sidoarjo akan selalu hadir dalam situasi seperti ini. Begitu juga kehadiran TP-PKK Sidoarjo. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *