Perwatusi Jatim Ajak Warga Sidoarjo Cegah Pengeroposan Tulang dengan Senam

SIDOARJO, Suryakabar.com – DPD Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat) Jatim mengajak masyarakat  melakukan senam massal, di Parkir Timur GOR Sidoarjo, Minggu (23/10/2022) pagi. Ini dilakukan sebagai upaya  pencegahan sebagai antisipasi pengeroposan tulang (Osteoporosis).  

Humas DPD Perwatusi Jatim Kiptiyati menuturkan, kegiatan senam ini merupakan peringatan hari Osteoporosis Nasional 2022 dan digelar serentak. Tujuannya untuk sosialisadi kepada masyarakat, Osteoporosis itu tidak hanya menyerang kepada orang tua, namun juga kalagan muda.

“Oleh karena itu, kami mengajak untuk mencegahnya, salah satunya adalah dengan senam bersama-sama ini,” tuturnya.

Kipti menambahkan, pencegahan Osteoporosis bisa dimulai sejak remaja, jadi jangan menunggu tua atau Lansia. “Selain mengajak, atau menggerakkan masyarakat untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Juga untuk mengenalkan DPD Perwatusi Jatim. Karena masyarakat banyak yang belum kenal dengan Perwatusi,” terangnya.

BACA JUGA:

senam1

Senam bersama di GOR Sidoarjo ini diikuti sekitar 1.000 orang, mulai dari masyarakat umum, guru, mahasiswa, pegawai negeri, tenaga medis serta dari berbagai macam elemen masyarakat. “Sekali lagi, mereka kami ajak bersama-sama senam untuk mencegah terjadinya Osteoporosis. Jangan ditunda,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD Osteoporosis Jatim Naniek Lukito menjelaskan kalau kegiatan ini dilakukan secara serentak seluruh Indonesia, untuk wilayah Jatim ditempatkan di GOR Sidoarjo. Karena di Sidoarjo senam ini aktif sekali, pesertanya banyak sekali dan kegiatannya juga banyak. “Sehingga Sidoarjo ini bisa menjadi percontohan,” jelas Naniek Lukito yang kini sudah berusia 80 tahun.

Nanik memaparkan, dengan senam diharapkan warga tidak terkena penyakit pengeroposan tulang. Maka, kaki setiap hari harus digerakan, kaki harus berjalan setiap hari.

“Kaki harus jalan walaupun cuma sekilo atau dua kilo, agar tidak terjadi pengeroposan. Termasuk pola makan juga diatur jangan berlebihan. Pilihlah makanan yang sehat dan seimbang,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *