Tuntaskan Problem Sampah, Pemdes Kalitengah Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo Bangun TPST

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pemerintah Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Dengan adanya TPST, warga diharapkan ikut mengurangi volume sampah dengan cara pemilahan sampah di tingkat rumah tangga.

Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Kalitengah Ali Efendi usai meninjau proses pembangunan TPST yang berlokasi di RW III, Kamis (22/9/2022). “Di desa kami ada sekitar lima ribu rumah. Bayangkan bila sampah dibuang begitu saja tanpa dipilah, tentu sangat memberatkan TPA satu-satunya di Jabon,” tuturnya.

Ia berharap memilah sampah dan budaya bersih menjadi gaya hidup warga Desa Kalitengah. “Kalau lingkungan bersih, toh yang merasakan nyaman juga kita sendiri,” ucapnya.

Kepala desa dua periode ini menambahkan, dana pembangunan TPST ini dari dana swakelola dan dana Bantuan Keuangan (BK) dari Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo, Zahlul Yussar.

BACA JUGA:

“Hari ini kita selamatan, karena pasang kuda-kuda. Insya Allah dua minggu lagi bangunan selesai, sehingga bisa segera dipakai,” imbuhnya.

Sementara itu Zahlul Yussar menjelaskan, sebelumnya ia seringkali menerima aduan dari masyarakat soal sampah, seperti sampah yang tidak terangkut hingga tumpukan sampah di pinggir jalan. Nah, untuk mengatasai problem itu, Zahlul yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Sidoarjo ini berkoordinasi dengan Pemdes setempat.

“Alhamdulillah bangunan TPST ini hampir rampung dan segera bisa difungsikan. Semoga persoalan sampah di desa ini segera terpecahkan dan kami sangat berharap warga tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan, baik di lahan kosong maupun di sungai,” harapnya.

Ia melihat, lokasi TPST yang dibangun sangat memenuhi syarat, karena cukup jauh dari pemukiman warga. “Sebelumnya Desa Kalitengah memang tidak memiliki TPST, maka setelah ini selain permasalahan sampah rampung, keberadaan TPST ini bisa menambah pemasukan untuk desa lewat Bumdes yang nanti mengelolanya,” jelas Zahlul. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *