Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Lepas Ekspor Mie Telur ke Jeddah dan Saudi Arabia

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor melepas ekspor mie telor produksi CV. Indigo Sejahtera di Jalan Raya Lebo, Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo dengan tujuan Jeddah dan Saudi Arabia, Senin (5/9/2022) .

Gus Muhdlor, pamggilan akrab bupati mengaku bangga atas ekspor perdana mie telur oleh CV. Indigo Sejahtera. “Hal ini membuktikan, produk UMKM di Kabupaten Sidoarjo bisa go Internasional. Hari ini adalah pengiriman satu kontainer dari delapan kontainer yang telah dipesan. Ini sangat membanggakan,” tutur Gus Muhdlor.

Gus Muhdlor mengatakan, sudah saatnya para pelaku UMKM Kabupaten Sidoarjo merambah mancanegara. Ia melihat produk-produk UMKM Sidoarjo tidak kalah bersaing dengan produk luar. Seperti produk olahan mie kali ini dan produk lain yang telah diekspor.

Ia menambahkan, saat ini sudah ada 300 pelaku UMKM yang memasarkan produknya ke luar negeri. “Kemarin Export Center Surabaya menarget seribu UMKM untuk sembilan provinsi untuk go internasional, 300 di antaranya itu UMKM dari Sidoarjo, atau 30 persen. Hal ini harus terus dikembangkan” harap Gus Muhdlor.

Dikatakannya sejak awal dirinya menginginkan UMKM di Kabupaten Sidoarjo maju dan berkembang. Oleh karenanya salah satu dari 17 program prioritas dirinya adalah program UMKM naik kelas. Program tersebut berfokus pada dua hal. Yakni peningkatan kualitas produk para pelaku UMKM serta jangkauan pemasaran produk yang dihasilkan. Dua hal itu akan ia fasilitasi.

BACA JUGA:

ekspor2

“Visi awal bupati untuk mengubah paradigma, UMKM Sidoarjo dari think globally and act locally harus go Internasional, menjadi pahlawan-pahlawan devisa baru, bukan hanya menjadi pemain di negaranya sendiri,” ucapnya.

Gus Muhdlor juga berharap para pelaku UMKM Sidoarjo untuk terus berinovasi terhadap produknya. Dikatakannya untuk menjadi pengusaha yang sukses bukan hanya berbicara tentang kejelian melihat peluang pasar, namun bagaimana membuat inovasi-inovasi yang selalu ditunggu konsumen. Seperti yang dilakukan CV Indigo Sejahtera yang saat ini yang mampu menancapkan nama Kabupaten Sidoarjo di level internasional.

ekspor1

Sementara itu, Ageng Sulistiana, Owner CV. Indigo Sejahtera mengapresiasi dukungan Pemkab Sidoarjo. “Dukungannya kepada UMKM seperti sangat diinginkan para pelaku UMKM untuk kemajuan usahanya,” ucapnya.

Ageng mengatakan, pada 2022 ini perusahaannya bisa mengekspor sampai delapan kontainer. Saat ini masih satu container 40 feet produk olahan mie kering.

Jumlahnya pun akan terus meningkat. Sehingga dalam kurun waktu sampai akhir tahun bisa melakukan pengiriman delapan kontainer. Total nilai produk yang dikirim sebesar 20 ribu US dollar per kontainer.

“Ini adalah ekspor perdana, jumlahnya semakin lama semakin banyak, tentunya setelah Jeddah dan Arab Saudi bisa kemancanegara lainnya,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *