Porprov Jatim 2022
Lolos Final, Basket Surabaya Ingin Kawinkan Emas

JEMBER, SURYAKABAR.com – Kota Surabaya masih menunjukkan keperkasaannya di cabang olahraga bola basket pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022.

Tim putra maupun putri sama-sama lolos ke final dan berpeluang kembali mengawinkan medali emas sama seperti Porprov 2019 lalu.

Di semifinal, tim putri membuka jalan ke final usai mengalahkan tuan rumah Kabupaten Jember, 82-47 di GOR Garuda, Selasa (28/6/2022). Sementara tim putra menyusul ke final usai menang telak atas Kabupaten Ngawi dengan skor 120-60.

Sejak kuarter awal, Kota Surabaya ingin memenangkan pertandingan dengan skor besar. Terbukti, pertahanan ketat diterapkan untuk mempersempit pergerakan lawan.

Bola lawan kemudian dimanfaatkan Surabaya melalui skema fast break baik melalui point area maupun tembakan tiga angka. Hasilnya, Surabaya unggul 40-16.

Di kuarter kedua, Surabaya masih menerapkan skema yang sama. Namun, komunikasi yang kurang baik membuat pertahanan mampu ditembus pemain Ngawi. Tercatat, Ngawi mampu mencetak dua kali tembakan tiga poin.

Berkat lengkapnya materi pemain Surabaya dengan postur yang lebih tinggi mempermudah untuk menambah angka. Surabaya unggul 65-29.

BACA JUGA:

Usai istirahat, Kota Pahlawan memperbaiki kesalahan yang terjadi dengan memperbaiki komunikasi antar-pemain. Lagi-lagi skema pressing ketat yang diterapkan mampu memutus pergerakan bola Ngawi. Hasilnya, Surabaya menambah 41 poin sedangkan Ngawi hanya 11 poin yang membuat skor menjadi 106-40 di kuarter ketiga.

Di kuarter pamungkas, Ngawi berbalik bangkit bermain nothing to lose untuk menembus pertahanan ketat Surabaya.

Walau mampu menambah poin lebih banyak, Ngawi gagal membalikkan keadaan. Pertandingan pun berakhir dengan skor 120-60.

Walau menang, Pelatih Surabaya Dhimas Aniz Setiaputra mengaku, kurang puas dengan hasil yang ada, karena timnya masih kebobolan banyak angka.
Ia menilai, terjadi miss komunikasi antar pemain yang membuat pemain lawan bisa mencetak banyak angka.

“Sebenarnya kurang puas, karena masih kemasukan banyak. Pemain kurang konsisten di kuarter dua kecolongan banyak. Saya sudah tekankan ke pemain, defense yang bagus membuat offense nyaman,” aku Dhimas.

Untuk itu, ia mengatakan, akan memperbaiki kekurangan yang ada. Sehingga, pada laga final besok melawan Kota Malang bisa meraih kemenangan. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *