Berita Jember
Bupati Jember Buka Webinar Hepatitis Akut

JEMBER, SURYAKABAR.com – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. membuka webinar seputar hepatitis akut yang diinisiasi manajemen RSD. dr. Soebandi Jember, Kamis (2/6/2022).

Webinar diikuti seluruh jajaran struktural di Dinas Kesehatan, Kecamatan serta Pemerintah Desa.

Bupati Hendy mengapresiasi atas gerak cepat RSD. dr. Soebandi merespons penyakit yang sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya itu.

“Dengan mereka mengetahui dasar-dasar mengapa hepatitis itu bisa terjadi, sehingga bisa mengarahkan masyarakat untuk menghindari segala sesuatu yang bisa menyebabkan hepatitis,” terang Bupati Hendy Siswanto.

BACA JUGA:

Saat ini belum diketahui cara untuk memastikan pasien yang mengidap penyakit Hepatitis Akut Berat. Meski begitu, ada fase-fase yang dapat dikenali sebagai gejala penyakit ini.

Pada fase awal, penderita merasakan diare, mual-muntah, demam, dan masalah pernapasan. Ketika memasuki fase lanjutan, terjadi perubahan warna kekuningan pada kulit atau mata.

Penderita mengalami buang air kecil pekat atau buang air besar berwarna pucat, juga mengalami kejang. Pada fase terakhir, penderita kehilangan kesadaran.

“Apabila ada ciri-ciri itu segera dibawa ke RSD. dr. Soebandi untuk diperiksa,” pesan Bupati Hendy kepada masyarakat Jember. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *