Kapolda Jatim: Ketersediaan Minyak Goreng Curah dan Kemasan Aman

GRESIK, SURYAKABAR.com – Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta, memastikan ketersediaan minyak goreng curah dan kemasan aman. Hal itu disampaikan Kapolda Jatim saat meresmikan masjid, gedung aula dan rumah tahanan di Mapolres Gresik, Selasa (29/3/2022).

Terkait ketersediaan minyak goreng curah, lanjut Kapolda, Polda Jawa Timur bersinergi dengan stakeholder baik dari Dinas Perdagangan dan Kepala OPD terkait.

Yang sudah dilakukan Polda Jawa Timur, masih kata Kapolda Jatim, ada tiga hal, yakni, pertama terkait ketersediaan minyak goreng curah mulai dari CPO sampai ke pabrik menjamin ketersediaannya.

Kedua terkait distribusi dari pabrik kepada distributor yang dari distributor nanti kepada masyarakat maupun pasar. Ketiga, kalau ketersediaan dan distribusi lancar maka harga otomatis stabil.

BACA JUGA:

“Kami sudah mengecek ada 24 distributor yang disiapkan dengan kebutuhan kurang lebih 1.972 ton/hari. Dan ini bisa dipenuhi beberapa pabrik seperti, Vilma, Smart maupun Filma dari Indofood. Kalau ketersediaan sudah terjamin maka tinggal distributor yang harus menyalurkan,” ujar Kapolda Jatim.

Ada beberapa administrasi yang sedang dikerjakan Satgas Pangan. Mudah-mudahan tiga hal tersebut bisa berjalan dengan baik. Kalau dililihat antara ketersediaan sudah terjamin, tinggal dari distributor harus dicek Tim Satgas Pangan supaya disalurkan kepada masyarakat.

“Akan ada penindakan kalau ada distributor yang nakal yaitu menyimpan. Padahal barang sudah ada ditangannya. Namun dari pengecekan di PT Smart, kami melihat itu sudah disalurkan namun harus rutin. Jadi kalau ketahuan satu hari dua hari berpengaruh pada harga,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *