Liga Nusantara Futsal Jatim Bergulir, Ketua AFP Jatim Berharap Klub dari Jatim Berprestasi di Level Tertinggi Futsal Tanah Air

MALANG, SURYAKABAR.com – Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jatim Dimas Bagus Kurniawan mengaku bersyukur seiring digelarnya Liga Nusantara (Linus) Futsal Jatim 2022.

“Faktor vakumnya Liga Nusantara, karena terhambat pandemi. Dan juga dari level atas (Liga Pro Futsal) tidak digelar,” ujar Dimas Bagus Kurniawan usai pembukaan Linus Futsal Jatim 2022, Senin (10/1/2022).

Linus Futsal Jatim 2022 digelar di Unggul Sports Center Kota Malang, 10-16 Januari 2022. Ini untuk pertama kali, Linus Futsal Jatim digelar di luar Kota Surabaya, sejak pertama kali Linus Futsal Jatim digelar pada 2015.

“Makanya begitu Liga Pro musim ini berjalan, otomatis kami gelar Liga Nusantara Jatim. Jadi, biar ada kesinambungan antara event AFP dan Liga Pro,” tambahnya.

Pria yang juga manajer timnas futsal Indonesia itu menyebut terpilihnya Malang menjadi tuan rumah musim ini selain karena mengajukan diri juga untuk menggairahkan futsal di Jatim.

“Ini pertama kali AFP Jatim menyelenggarakan (Linus) di luar Surabaya. Supaya (gairah) futsal bisa menyebar dan bisa diketahui potensi-potensi futsal di daerah,” terang Dimas.

“(Sistem) ini akan berlanjut di musim depan, jika ada daerah-daerah yang ingin menjadi tuan rumah, kami menyambutnya terbuka. Kami beri kesempatan daerah-daerah yang ingin menjadi tuan rumah,” sambungnya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut Dimas menambahkan agar klub-klub Jatim berani berkiprah di kompetisi kasta tertinggi futsal tanah air. Menurutnya, AFP Jatim terus mendorong tim-tim anggota agar berlaga di kompetisi Liga Pro.

“Kalau keinginan pasti semua masyarakat Jatim berharap seperti itu. Memang tidak mudah untuk berkiprah di level teratas. Tetapi, saya berharap akan banyak lagi klub-klub dari Jatim yang dapat berbicara di kasta tertinggi futsal. Dan bisa benar-benar berprestasi di Liga Pro, syukur-syukur dapat membawa nama Indonesia,” pungkas pria yang juga owner tim Liga Pro, Bintang Timur Surabaya, tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Binpres Dispora Jatim Awan Widodo menyampaikan dukungan atas terselenggaranya Liga Nusantara musim ini. Dispora Jatim berencana terus mendukung gelaran ini di masa mendatang.

“Karena ajang ini juga merupakan proses pencarian pemain berbakat yang tujuannya ke tingkat lebih tinggi. Apalagi ada kompetisi profesional dan internasional,” ujarnya.

Linus Futsal Jatim 2022 diikuti 10 tim putra dan lima tim putri. Tim putra yang ambil bagian yakni, Dyvy FT Sidoarjo, Bangkalan FC, Payung Pusaka FC Kediri, Pamekasan FC, Estrella IFC Sidoarjo, Garuda Emas FC Surabaya, Al Ahly FC Surabaya, Lafuria FC Surabaya, Baskhara FC Surabaya dan tuan rumah Banteng Muda FC Malang.

Sementara tim putri yakni Putri NPS Surabaya, Meta Putri Surabaya, KWB Batu, Air Women Sidoarjo dan Banteng Muda Putri Malang. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *