RW 05 Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari Candi Ikut Sosialisasi Kondisi TPA Jabon Overload

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kondisi tempat pembuangan akhir (TPA) Jabon Sidoarjo sudah overload. Melihat kondisi tersebut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo mengundang Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) TPS/Depo/TPS 3R/TPS 3R skala kawasan se-Sidoarjo untuk mengikuti pemberitahuan dan sosialisasi terkait Analisa Ritasi Pengangkutan dan Pengelolaan Sampah di TPS/Depo/TPR 3R/TPR 3R skala kawasan.

Sosialisasi dilakukan di kantor TPA Griyo Mulyo Jabon, mulai Senin (30/8/2021) sampai Senin (6/9/2021). “Ini tadi kami ikut sosialisasi terkait kondisi TPA Jabon yang overload. Kita ditunjukkan langsung kondisi TPA Jabon,” ujar Imam Nawawi, Kader Lingkungan RW 05 Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari Kecamatan Candi, Sidoarjo kepada suryakabar.com, Jumat (3/9/2021).

BACA JUGA:

sampah jabon 1
Melihat proses pengolahan sampah.

Menurut Awie, panggilan Imam Nawawi, pada sosialisasi tersebut disampaikan, lingkungan harus mengatur sampah yang dikirim ke TPA sudah dalam kondisi dipilah antara organik dan non-organik.

“Jumlah sampah juga harus dikurangi 30 persen dari biasanya. Contohnya, di RW 05 Perumahan Taman Candiloka biasanya setiap minggu ada tiga truk sampah. Ini harus dikurangi 30 persen, jadi tinggal dua truk,” paparnya.

sampah jabon 2
Imam Nawawi (kiri), Kader Lingkungan RW 05 Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari Kecamatan Candi, Sidoarjo ikut sosialisasi di TPA Jabon.

Pada sosialisasi tersebut juga ditunjukkan mesin yang mengolah sampah untuk dijadikan pupuk. “Mesin pengolahan sampah dari Jerman. Sampah yang masuk mesin harus dipisah antara organik dan non-organik,” imbuhnya.

Awie menambahkan, jika sampah yang dikirim belum dipisah antara organik dan non-organik. Sampah akan dikembalikan. “Ini butuh kesadaran warga. Sampah harus dipilah, daripada dikembalikan. Kecuali kalau kita mau mengeluarkan biaya untuk orang yang memilah sampah dari kita di TPA,” paparnya.

Warga penghuni RW 05 Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari Kecamatan Candi ada 10 RT. Sejauh ini warga RW 05 Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari Kecamatan Candi sudah melakukan pemilahan sampah sebelum dibuang. Bahkan, beberapa RT di Perumahan Taman Candiloka  sudah memiliki bank sampah.

“Sampah dari rumah warga sebelum dikirim ke Jabon kami tempatkan di tempat penampungan sampah sementara di perumahan. Ini karena sampah di perumahan diambil seminggu tiga kali. Di tempat penampungan sementara ini, sampah kembali dipilah oleh petugas sampah dari RW. Kendati kami sudah melakukan pemilahan sampah mulai dari rumah warga, Insya Allah kami akan tetap melakukan sosialisasi ke warga terkait hasil sosialisasi di Jabon ini,” tandasnya. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *