Copa America 2021
Penantian Panjang Lionel Messi Berakhir, Argentina Samai Rekor Uruguay, Brasil Makin Tertinggal

SURYAKABAR.com – Penantian panjang Lionel Messi untuk membawa Argentina tampil sebagai juara akhirnya terwujud. Ya, ini setelah Tim Tango Argentina merebut juara Copa America 2021, setelah di final menang tipis 1-0 atas Brasil di Maracana Stadium, Rio de Janeiro Brasil, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Messi mengawali karier di Timnas Argentina pada 2005. Sebelumnya tiga kali Messi ikut membawa Argentina menembus final Copa America pada edisi 2007, 2015 dan 2016, namun selalu kalah.

Pada final Copa America 2007 Argentina kalah 0-3 dari Brasil, pada final edisi 2015 dan 2016 Argentina sama-sama dikalahkan Chili lewat adu penalti, yakni pada 20015 kalah 1-4 dan 2016 kalah 2-4.

Gol semata wayang kemenangan Argentina dicetak Angel Di Maria menit 22 menyambut umpan panjang yang dilepas Rodrigo De Paul.

Kiper Brasil Ederson Moraes keluar sarang untuk menutup ruang tembak Di Maria, namun pemain Paris Saint-Germain itu tidak melepas tendangan keras, hanya mengarahkan bola melewati atas kepala kiper Ederson Moraes dan gol.

Keberhasilan Argentina merebut juara ini sekaligus menyamai rekor juara milik Uruguay yakni 15 kali dan merupakan yang terbanyak sejak Copa America digelar pertama kali pada 1916.

Terakhir kali Argentina merebut juara pada 1993. Brasil menjadi tim kedua pengoleksi gelar terbanyak dengan sembilan kali juara.

Pada laga final ini, Messi tampil dalam kondisi cedera hamstring. Itu sebabnya, penampilan Messi tidak maksimal.

Sepanjang pertandingan Messi hanya mampu melepas satu tembakan dan tidak tepat sasaran. Sebetulnya Messi memiliki peluang emas menit 89 ketika dia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Ederson Moraes. Namun upaya Messi melewati Ederson Moraes gagal, setelah dia terpeleset dan jatuh.

Kendati tampil buruk di laga final, Messi berhasil meraih gelar individu sebagai top skor dengan empat gol. Hanya saja, Messi tidak sendirian. Ini karena pemain Kolombia Luis Diaz juga berhasil mencetak empat gol sepanjang turnamen.

Kekalahan Brasil di final ini membuat mereka gagal mempertahankan gelar yang mereka rebut pada 2019, saat menekuk Peru 3-1 di final. (es)

DISTRIBUSI JUARA
15 – Argentina dan Uruguay
9 – Brasil
2 – Paraguay, Peru dan Chili
1 – Bolivia dan Kolombia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *